Eksotisnya Danau Telaga Biru di Merangin


JAMBI- Penamaan danau indah nan eksotis ini terjadi tatkala Bupati Merangin Al Haris berkunjung ke sana,  Sabtu (5/3). Biasanya banyak versi penamaannya oleh warga. Ada danau hijau, danau biru hingga danau kaca.

Melihat  warna airnya yang sungguh biru dan ukurannya tidak terlalu besar, makanya dinamai  bupati dengan Telaga Biru. Masyarakat Tanjung Alam pun saat itu langsung menyetujuinya.

Telaga Biru terletak di daerah ketinggian, tepatnya di sekitar Gunung Masurai. Dari Desa Tanjung Alam, berjarak kurang lebih 7 Km. Dari Desa Tanjung Alam bisa menggunakan kendaraan roda dua ke perkebunan warga atau ke pinggiran hutan.

Telaga Biru sepertinya sangat cocok dengan para komunitas pecinta alam maupun backpacker. Ini karena sensasi berpetualang yang pasti akan sangat terasa.

Di sepanjang jalan pengunjung akan disuguhkan pemandangan hamparan areal persawahan dan perkebunan warga. Setelah sampai di pinggiran hutan,  pengunjung harus berjalan kaki lagi melewati semak belukar dengan treknya mendaki dan menantang.

Di depannya lalu akan ada hutan belantara atau HPL yang kondisinya masih asri. Pepohonan di hutan belantara tersebut terlihat menjulang dengan dipenuhi lumut hijau.Tak kurang, dari tepi hutan menuju lokasi telaga biru berjalan kaki sekitar 2 jam.

Begitu sampai, rasa penat niscaya akan langsung sirna saat melihat indahnya Telaga Biru. Airnya berwarna biru, jernih dan menembus hingga bagian dasar telaga.

Air telaga biru ini sangat dingin, dan di pinggir telaga tersebut masih berdiri pohon-pohon besar yang makin menambah keindahan alami sekitar danau. (***)

comments

Foto Lainnya