Mengintip Kuliner Khas Jambi untuk Menu Berbuka Puasa


JAMBI – Provinsi Jambi merupakan salah satu daerah yang kaya dengan berbagai macam jenis jajanan dan kuliner. Momen Ramadan seperti saat ini, jajanan dan kuliner khas Jambi sangat mudah ditemukan. Hampir di semua pasar bedug jajanan dan kuliner khas Jambi dijajakan untuk menu berbuka puasa.

Salah satu jajanan khas Jambi yang banyak dicari untuk menu berbuka puasa adalah kue padamaran. Meski tergolong makanan tradisional, namun kue hijau khas Jambi ini tidak pernah sepi peminat.

“Padamaran termasuk jajanan yang paling banyak dicari untuk menu berbuka puasa,” kata Nadia (32), salah seorang pedagang di pasar bedug yang berlokasi di kawasan Pasar Jambi, Senin (13/6).

“Selain padamaran, lumpang, talam ketan, kua srikaya, dan gandus juga banyak dicari,” ujarnya lagi.

Sementara itu untuk kuliner khas Jambi yang banyak dijual untuk menu berbuka puasa adalah tempoyak patin. Selain itu, juga ada dendeng lompok yang berbahan dasar daging sapi.

“Meski tidak setenar tempoyak patin, namun dendeng lempok ini juga banyak peminatnya,” ujar Neneng, pedagang lainnya di pasar bedug di kawasan Pasar Jambi. Warga yang tidak sempat menyiapkan hidangan berbuka puasa kini tidak perlu panik. Sebab semuanya sudah tersedia di pasar bedug.

comments

Foto Lainnya