Dewan Minta e-Planning Disempurnakan


Senin 5 Februari 2018

JAMBI-
Pemerintah Kota Jambi sudah mulai mengaktifkan e-planning. Sistem perencaanaan berbasis elektronik ini sudah dilakukan soft launching, pada awal Januari 2018 lalu. 

Namun sebelum diberlakukan secara umum Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi meminta agar sistem perencanaan berbasis elektronik tersebut dilakukan beberapa perbaikan.

Anggota Komisi III DPRD Kota Jambi Fuad Safari mengatakan bahwa pada dasarnya DPRD sepakat dengan sistem perencanaan baru tersebut. Karena hal itu merupakan terobosan baru. Namun dirinya meminta agar disempurnakan lagi sistem tersebut sehingga menjadi lebih baik dan tidak menimbulkan ambigu di tengah masyarakat.

"Kita minta hal-hal yang belum maksimal dalam sistem tersebut harus segera dibenahi dan dimaksimalkan," kata Fuad.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh ketua Komisi III DPRD kota Jambi Junedi Singarimbun. Menurutnya sistem tersebut sudah baik, akan tetapi perlu beberapa perbaikan.

Salah satunya adalah masukkan masyarakat harus dirumuskan secara detail. "Misalnya jalan yang sudah diperbaiki dan sudah rusak, apakah masih boleh diusulkan apa tidak," katanya.

Selain itu pula program yang diusulkan oleh masyarakat harus terkoneksi satu sama lain sehingga ke depan tidak terjadi kesimpangsiuran dan lempar tanggung jawab. Melalui E-planning diharapkan sistem perencanaan yang disusun oleh pemerintah tingkat akurasinya tinggi atau selisih data yang "error" (salah) makin kecil.

Penulis : Amril Hidayat

comments

Foto Lainnya