Gunung Kunyit di Kerinci, Pemilik Keindahan Luar Biasa dan Sejuta Misteri


KERINCI - Jika berbicara masalah keindahan alam Kabupaten Kerinci tidak akan habis-habisnya.
Kabupaten yang berada di paling barat Provinsi Jambi ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa dan telah diakui oleh dunia.
Keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Kerinci selalu menarik untuk disimak. Tak hanya menawarkan berbagai panorama menawan, kisah-kisah mistis yang menyelimuti pun banyak mengundang rasa penasaran.
Tak hanya Gunung Kerinci, daerah ini juga memiliki gunung lain yang tak kalah indahnya.
Gunung tersebut adalah Gunung Kunyit. Panorama yang dimiliki Gunung Kunyit sungguh sangat mempesona dengan lebatnya hutan serta taman alami di puncaknya.
Gunung ini juga sering dijadikan destinasi para pecinta alam daerah sekitar. Bahkan saat ini wisatawan dari dalam negeri dan luar negeri pun sudah sering naik ke gunung yang memiliki sejuta misteri ini. Sensasi berpetualang menaklukkan alam liar menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian pendaki atau wisatawan.
Secara administratif, Gunung Kunyit terletak pada Desa Talang Kemuning, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi gunung ini kurang lebih berjarak sekitar 32 kilometer dari Kota Sungai Penuh, dan bisa ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit hingga satu jam.
Pendakian bisa dimulai dari Desa Talang Kemuning, dan untuk menuju desa ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun naik angkutan umum.
Heri, salah seorang Pencinta Alam (PA) Kerinci yang juga mantan anggota Masker Kerinci mengatakan, untuk mengapai Gunung Kunyit ini bukan perkara mudah, karena dibutuhkan fisik  prima serta persiapan matang.
Menurut dia, pada awal perjalanan, para pendaki akan ditemani hamparan hutan kayu manis. Saat mendakinaroma harum dari tumbuhan tersebut pun bisa dirasakan. Selama kurang lebih satu setengah jam menerobos hutan kayu manis medan pun berganti lebih ekstrim dan menantang.
"Setelah menempuh hutan kayu manis pun berganti dengan lebatnya rimba yang seolah masih tak terjamah tangan manusia. Jalur menanjak dan ekstrim pun menjadi rintangan yang harus dilewati. Jalan yang didominasi tanah akan becek dan licin usai diguyur hujan, sepatu boot pun akan sangat membantu dalam perjalanan menuju puncak Gunung Kunyit," sebut Heri.
Menurut dia, Gunung Kunyit ini memiliki ketinggian mencapai 2.151 meter di atas permukaan laut. Gunung yang masuk dalam kategori stratovolcano ini juga menjadi tempat tinggal bagi harimau sumatera yang dikenal ganas.
 "Para pendaki pun disarankan agar selalu waspada dalam perjalanan menuju puncak, dan sebaiknya menggunakan pemandu dari desa setempat," terangnya.  
Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak Gunung Kunyit sekitar 6 jam perjalanan. Saat berada di puncak, wisatawan bisa menikmati aneka pemandangan menawan seperti deretan perbukitan hijau, samudera hindia serta panorama Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.
"Pada puncak gunung ini terdapat dua kawah yang menyeburkan gas belerang. Namun jangan dekat-dekat dengan kawah tersebut karena jika gas belerang tercium, maka bisa membahayakan keselamatan jiwamu," ungkapnya.
Sementara itu, Damaswarsah, warga Lempur menjelaskan apa belakang yang ada di atas sana berwarna kuning layaknya kunyit, menjadi dasar penamaan gunung penuh misteri ini. Tak hanya warnanya saja, tetapi aroma belerang yang menyengat bak kunyit pun semakin menegaskannya.
Gunung ini memiliki dua kawah pada puncaknya, namun belum ada satu orang pun yang berhasil menuju lokasi kawah tersebut.
Gunung yang juga memiliki nama lain bukit belerang ini bernuansa mistis. Bahkan, masyarakat setempat percaya tempat ini sering digunakan untuk bertapa dan memperoleh ilmu kebatinan. Cerita orang tua - tua dahulu, bahwa pahlawan Kerinci Depati Parbo pernah bertafakur di gunung ini memohon petunjuk kepada sang pencipta sebelum bertempur melawan Belanda.
Ajaibnya, kata dia, timah panas yang dilepaskan oleh prajurit Belanda pun tak mampu menembus badan Depati Parbo. Hingga saat ini, masih ada beberapa orang yang bertapa di Gunung Kunyit. Selain berbagai kisah mistis, gunung ini juga memiliki sebuah taman alam yang disebut taman para dewa.
Tak hanya itu, ada pula yang mengatakan terdapat sumber air panas serta tambang emas pada gunung ini.
"Disana memang cukup unik, ada sebuah taman alami pada puncak gunung. Seolah tertata dengan sendirinya, taman ini dikeliling pepohonan hijau serta berbagai tanaman indah disekitarnya. Hamparan rumput yang tertata rapi pun semakin mempercantik taman dewa ini, sehingga menjadi daya tarik bagi para pendaki," pungkasnya.

Reporter: Dedi

comments

Foto Lainnya