Senin, 27 Februari 2017

Januari 2016 Perumahan SAD Ditargetkan Terealisasi


Kamis, 19 November 2015 | 11:17:49 WIB


Presiden Jokowi berdialog dengan Suku Anak Dalam Kabupaten Sarolangun
Presiden Jokowi berdialog dengan Suku Anak Dalam Kabupaten Sarolangun / Luncai Hendri

JAMBI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menargetkan Desember 2015 nanti lahan untuk pembangunan perumahan bagi Suku Anak Dalam (SAD) sudah didapatkan. Sehingga pada Januari 2016 nanti, pembangunan perumahan dan pemberian lahan bagi SAD seperti yang dijanjikan Presiden Joko Widodo, bisa direalisasikan.

"Saya telah meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun untuk menyediakan lahan seluas dua hektar  per Kepala Keluarga (KK) bagi SAD," kata Penjabat Gubernur Jambi, Irman.

Ditambahkannya, ini sesuai dengan instruksi Presiden dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dimana per KK SAD akan dibuatkan 1 rumah dan mendapatkan lahan seluas 2 hektar untuk bercocok tanam.

"Khusus untuk pembangunan perumahan, nanti pembiayaannya berasal dari Kementerian Sosial, yang bekerja sama dengan Kementerian PU," ujarnya.

Lebih lanjut Irman mengatakan, pihaknya menargetkan Desember 2015 ini lahan yang diberikan dan dibangunkan perumahan untuk SAD itu sudah didapatkan. "Mereka (SAD, red) itu mintanya rumahnya berjarak tidak berdempetan sama rumah yang lain," katanya.

Sementara itu mengenai lahan yang akan dijadikan sebagai tempat pemukiman SAD, Irman menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pihak kementerian telah memberikan izin apabila lahan tersebut berada di area Hutan Produksi (HP).

Namun bila di luar area produksi, kata Irman, itu wewenang dari kepala daerah setempat. "Tapi sejauh ini tidak ada masalah terkait hal itu," pungkasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments