Selasa, 19 Desember 2017

Ditemukan 81 Kasus Gizi Buruk di Jambi


Sabtu, 19 Desember 2015 | 10:27:33 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Meski menunjukkan tren penurunan, namun jumlah kasus gizi buruk di Provinsi Jambi masih cukup banyak. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, sepanjang tahun 2015 ini ditemukan 81 kasus gizi buruk.

Jumlah tersebut turun dari tahun 2014 lalu, dimana ditemukan 101 kasus gizi buruk. Kepala Bidang Bina Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Provinsi Jambi, Oki Permana, mengatakan bahwa meski kasus gizi buruk menurun dari tahun lalu, namun tidak menunjukan penurunan yang signifikan dan tetap ada. "Karena gizi buruk ini berkaitan dengan masalah kesehatan dan kemiskinan di Provinsi Jambi yang belum bisa dihilangkan," kata Oki.

Disebutkannya, Dinkes Provinsi Jambi sebetulnya telah melakukan penyuluhan soal hidup sehat kepada. masyarakat, seperti di Kabupaten Merangin, Tanjung Jabung Barat, Tanjungjabung Timur, dan lainnya. "Di sini kita ingin mengurangi kasus. Tapi masalah kemiskinan ini masih menjadi hilirnya," katanya.

Menurut dia, tak hanya gizi buruk, terdapat juga penyakit lainnya yang masih menjadi masalah seperti TBC, paru-paru, dan demam berdarah, yang juga berkaitan dengan masalah lingkungan.

Sementara itu untuk masalah kesehatan, kata Oki, tidak bisa ditangani oleh pemerintah semata, melainkan juga butuh peran dan dukungan dari masyarakat itu sendiri dalam menjaga kesehatan. "Untuk kedepannya kita berfokus pada paradigma yang sehat agar masyarakat bisa lebih berdaya dalam mengatasi kesehatan," tandasnya.



Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments