Rabu, 18 Oktober 2017

Harga Daging Naik


Jumat, 01 Juli 2016 | 10:51:12 WIB


Operasi pasar daging beku yang digelar oleh pemerintah Kota Jambi beberapa waktu lalu
Operasi pasar daging beku yang digelar oleh pemerintah Kota Jambi beberapa waktu lalu / Amril Hidayat

JAMBI - Keinginan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan harga daging sapi berada di harga Rp 80 ribu per kilogram sepertinya benar-benar tidak dapat dipenuhi di Jambi. Sebab, mendekati hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah, harga daging di sejumlah pasar tradisional justru naik hingga Rp 125 ribu per kilogram.

Hal ini terpantau berdasarkan monitoring harga yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Kamis(30/6) kemarin. Seperti di Pasar Induk Angsoduo, harga daging sapi mengalami kenaikan 4 persen dari harga normal yang mencapai Rp 120 ribu per kilogram.

"Kemarin terpantau Rp 125 ribu per kilogram, dari harga biasa Rp 120 ribu per kilogram. Ini disebabkan permintaan masyarakat yang meningkat jelang lebaran ini," kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Jambi, Filda Deviarni.

Selain Pasar Induk Angsoduo, kenaikan harga daging juga terjadi di dua pasar tradisional lainnya, yakni pasar tradisional Simpang Pulai dan Talang Banjar. "Di pasar tradisional Simpang Pulai dan Talang Banjar juga mengalami kenaikan sebesar 4 persen dari harga normal," ujarnya.

Sementara itu untuk menekan harga daging di pasaran, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Jambi baru akan menggelar operasi pasar pada H-3 hingga H-1 lebaran di 9 titik pasar-pasar tradisional di Kota Jambi.

"Di Pasar Angsoduo, Kasang, Talang Banjar, Aur Duri, Pasar Keluarga, Pasar Simpang Pulai, dan Pasar Villa Kenali," ungkapKepala Bidang(Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Disnakeswan Provinsi Jambi, Haris.

"Dari H-3 hingga H-1, kita dari Kesmavet juga mengutus tiga tim untuk melakukan pengawasan Pangan Asal Hewan (PAH) di pasar tradisional dan supermarket di Kota Jambi," pungkasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments