Jumat, 24 Februari 2017

Zumi Zola Tinjau Danau Lingkat Kerinci


Senin, 22 Agustus 2016 | 09:31:48 WIB


Gubernur Jambi Zumi Zola beserta Isteri Poto bersama
Gubernur Jambi Zumi Zola beserta Isteri Poto bersama / Humas Provinsi Jambi

JAMBI - Dalam rangkaian kegiatannya pada kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Minggu (21/8) sore, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA meninjau Danau Lingkat di Desa Wisata Lekuk Limapuluh Tumbi Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci.

Dalam peninjauan Danau Lingkat tersebut, Zola bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola melepas 10.000 benih Ikan Semah ke Danau Lingkat dan meninjau stan Desa Wisata dengan makanan tradisional Lempur.

Usai peninjauan, gubernur menekankan pentingnya penataan lokasi destinasi wisata dan harus didukung oleh sikap masyarakat. "Yang paling penting adalah sikap masyarakat," ujar Zola.

Zola menjelaskan, sikap masyarakat yang ramah, sopan santun, tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan, melestarikan lingkungan, menciptakan suasana aman dan nyaman, sangat penting dalam mendukung pengembangan destinasi wisata.

Ia juga mengatakan, kalau wisatawan mendapatkan kesan bahwa masyarakat Kerinci ramah, maka mereka akan senang untuk berkunjung kembali ke Kerinci, demikian sebaliknya, dan informasi tersebut akan menyebar. Zola menyatakan, ikan semah memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi yakni harganya mahal, terutama untuk ekspor.

“Pengembangan destinasi wisata di Provinsi Jambi harus dilakukan secara terpadu oleh semua pihak terkait, agar hasil pengembangannya maksimal,” katanya.

Selain itu, gubernur juga mengemukakan bahwa dirinya akan memanfaatkan lahan tidur di Kelurahan Lempur (Kabupaten Kerinci). Hal itu dinyatakan oleh Zola saat kunjungan lainnya dengan Pengurus Lembaga Adat Lekuk Limapuluh Tumbi Lempur, Kelurahan Lempur Tengah, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci.

Dalam acara tersebut, Zola diangkat secara adat Lempur menjadi anak Lempur, yakni anak angkat kehormatan dari H.Sukirman. Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan Pseko Adat Lekuk Limapuluh Tumbi Lempur kepada H.Zumi Zola dan istri, Hj.Sherrin Tharia Zola.

‘”Pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan, yang akan terus dikembangkan untuk mewujudkan ketahanan pangan. Saya berkomitmen untuk membangun pertanian Provinsi Jambi," kata Zola.

Dikatakannya, kalau ada permintaan masyarakat dalam pembangunan bidang pertanian, agar masyarakatnya menyampaikannya melalui proposal, dan Pemerintah Provinsi Jambi akan berusaha membantu, sesuai dengan kewenangan dan prosedur serta aturan yang berlaku.

"Saya sudah diangkat menjadi salah satu putera Lempur, tentu saya ikut bertanggung jawab terhadap kemajuan Lempur," ungkap Zola.

"Terimakasih telah diangkat menjadi anak Lempur. Ini menjadi suatu kehormatan bagi saya dan istri," tutur Zola.

Ketua Lembaga Adat Lekuk Limapuluh Tumbi Lempur, H.Amris Kahar menyatakan, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola dianugerahi gelar adat dengan gelar Sultan Anom Sri Manggaloh, yang akan dikukuhkan pada Kenduri Pseko nantinya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments