Minggu, 30 April 2017

Modifikasi Baju Lama Jadi Lebih Cantik


Senin, 07 November 2016 | 13:51:02 WIB


MODIFIKASI: Rahma (kiri) memberikan pelatihan modifikasi busana lama menggunakan manik-manik kepada Latifah (kanan).
MODIFIKASI: Rahma (kiri) memberikan pelatihan modifikasi busana lama menggunakan manik-manik kepada Latifah (kanan). / Adi Wijaya/Jawa Pos/JawaPos.com

BAJU lama jangan dibuang. Jika sudah bosan, sebaiknya tiru cara Rahma Rayhz, desainer asal Cerme, dalam memodifikasi baju agar terlihat lebih cantik. Salah satu caranya memberikan tambahan aksesori seperti manik-manik.

’’Kesannya jadi beda. Asal pemberian aksesorinya tidak kebanyakan,’’ tuturnya. Bukan hanya kesan beda, pemberian aksesori juga memberikan nilai lebih pada baju lama atau bekas.

’’Tidak hanya lebih cantik, harga jualnya bisa meningkat,’’ kata Rahma, sapaan akrabnya. Memodifikasi baju lama tidak sulit. Namun, tidak banyak orang yang bisa melakukannya.

Peralatan yang dibutuhkan tergolong sederhana. Hanya bermodal lem tembak, benang, dan alat jahit. Juga, manik-manik tentunya.

Rahma menyatakan, dirinya paling sering menambahkan manik-manik di bagian leher dan lengan. Menurut dia, dua bagian tersebut sangat berpengaruh pada nilai modelnya.

’’Nilai busana kerap kali berkurang karena dua bagian tersebut,’’ jelasnya. Selain itu, manik-manik lebih baik ditempatkan secara simetris. ’’Menurut saya lebih rapi saja kalau simetris,’’ katanya.

’’Jadi bisa lebih percaya diri ketika mengenakannya,’’ tambahnya. Rahma memberikan saran agar baju lama atau bekas sebaiknya tidak dibuang. Terutama yang belum rusak.

Jika masih muat dipakai, busana tersebut bisa dimodifikasi agar terlihat baru. ’’Bisa ganti-ganti aksesori juga agar tidak bosan,’’ paparnya.


Penulis: (adi/c15/ai/sep/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments