Senin, 27 Februari 2017

Ini Perkiraan Biaya Pengurusan Sertifikat Halal


Selasa, 22 November 2016 | 11:47:00 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Hingga saat ini masih banyak rumah makan, cafe, hotel dan restaurant di Kota Jambi belum mengantongi sertifikat halal. A. Tarmizi Sibawaihi, ketua MUI Kota Jambi mengatakan, saat ini baru sekitar 300-an merek produk makanan, minuman dan beberapa tempat yang sudah memiliki sertifikat halal di Kota Jambi.

"Paling banyak produk UMKM seperti minuman dan makanan kecil," ujarnya. Sedangkan untuk restaurant dan hotel baru ada 5 tempat yang memiliki sertifikat halal. Dirinya menjelaskan, ada beberapa harga yang dipatok untuk membuat sertifikat halal.

Menurutnya, untuk usaha besar seperti restaurant dan hotel itu biayanya 3 juta.“Tapi kalau untuk UMKM itu ada biaya khusus dan lebih murah karena mendapatkan subsidi dari Dinas Koperasi atau Disperindag," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan sertifikat halal. Dimulai dari membuat surat ke BPOM, lalu tim akan turun dan melihat kondisi dapur serta bahan makanan yang digunakan. Dia juga menyebutkan pihaknya juga memberikan penyuluhan mengenai produk halal.



Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments