Senin, 26 Juni 2017

Waduh... 1,17 Persen Penduduk Indonesia Gangguan Jiwa


Senin, 28 November 2016 | 14:12:04 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / dok/jpnn

TINGGINYA tekanan hidup dan masalah membuat masyarakat rentan terkena saki jiwa.Berdasarkan data Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), 1,17 persen masyarakat Indonesia menderita sakit jiwa.

Ketua PDSKJI Cabang Sumatera Utara (Sumut) dr Mustafa M Amin M Ked KJ MSc Sp K J (K) menuturkan, langkah awal pengobatan pada penderita sakit jiwa itu lebih pada pemberian obat dan terapi.

"Dokter spesialis kejiwaan tidak perlu memaksakan untuk membeli alat," ungkap Mustafa yang dilansir Sumut Pos (Jawa Pos Group), Minggu (27/11).

Bagi keluarga pasien yang mengalami sakit jiwa untuk pengobatan pun tidak perlu memikirkan biaya penyakit ini. Sebab pemerintah telah menanggung dalam Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Lebih jauh Mustafa mengatakan, dalam upaya menangani pasien gangguan jiwa perlu mengedepankan dokter umum dan perawat. Sebab, bila mengandalkan dokter khusus kejiwaan, saat ini jumlahnya masih sedikit.

"Kita akan beri pelatihan pada Dokter di Puskesmas. Memang dalam tahun ini, sudah 2 kali kita beri pelatihan pada dokter umum di Puskesmas," sambungnya.

Sementara Ketua Umum PDSKJI, dr Eka Viora menyebutkan dokter spesialis jiwa saat ini harus memiliki kualitas tinggi yang standard global.

Karenanya, dia sangat mendukung rencana PDSKJI cabang Sumut untuk bekerjasama dengan Institute For Mental Health di Singapura.

Ketiadaan kolaborasi internasional, katanya, akan menjadikan bengsa ini seperti katak dalam tempurung. Pada Global Burden Desease, hingga 2030, depresi termasuk sebagai beban penyakit tertinggi di Dunia.

“Pada tahun 2017, WHO akan menempatkan depresi pada Hari Besar Kesehatan. Bahkan akan diperingati sebagai masalah global. Oleh karena itu, sejak dini mari kita kampanyekan penanggulangan depresi,” ujarnya.

Karenanya pelayanan terhadap penyakit jiwa, harus ada di pelayanan kesehatan tingkat primer. Dengan begitu, akan membantu masyarakat di daerah.


Penulis: (ain/bal/iil/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments