Minggu, 26 Februari 2017

Indahnya Kain Nusantara Karya Desainer Lokal


Senin, 28 November 2016 | 14:15:41 WIB


Indonesia Cultural Fashion 2016
Indonesia Cultural Fashion 2016 / dok/jawapos

INDONESIA Cultural Fashion (ICF) 2016 Amsterdam menampilkan berbagai kain nusantara karya empat desainer Indonesia. Ajang yang digelar 18 Desember mendatang ini bakal menampilkan karya Elemwe oleh Lily Mariasari, Territory oleh Terry Puteri, Sun Summit oleh Rizaro, Uemara oleh Inne Rachma Hardjanto.

Berbagai kain nusantara asal Betawi, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan akan dipamerkan di Amsterdam. Kegiatan ini menarik digagas di tengah isu keberagaman bangsa yang saat ini tengah bergejolak.

"Banyak sekali fesyen show di internasional. Kita lekatkan nama-nama New York Fashion Week dan lainnya. Kami butuh sahabat pamerkan karyanya di dunia internasional. Kami sengaja usung acara ini di luar," kata Founder ICF 2016 Iwan Kurniawan di Beranda Kitchen, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Sebelumnya Iwan juga sempat menggagas ajang fesyen bernama Nusantara Night. Iwan menegaskan kain nusantara dapat meningkatkan keberagaman.

"Dapat menciptakan persatuan kita mau tunjukin bahwa kita satu. Ada tema beragam. Seperti batik Betawi, Kain Tanah Liek, Makasar dan Kalimantan. Saya terimakasih banyak desainer yang nekat ikut ke Amsterdam," ujarnya tertawa.

Iwan menambahkan pesan acara ini membuat masyarakat internasional memahami keberagaman Indonesia. Sedikitnya sudah ada 180 masyarakat Eropa yang mendaftar dalam acara ini.

"Kita punya kebhinekaan. Ini implementasi kebhinekaan itu. Kami ingin tunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memang bersahabat sesuai Bhineka Tunggal Ika," kata Iwan.

ICF juga melibatkan para model internasional untuk menggunakan kain nusantara. Ajang ini juva ditanggapi dengan antusias oleh masyarakat internasional.

"Saat kami akan menggelar di Amsterdam banyak yang memandang sebelah mata. Karena orang lebih mengenal 10 kota mode di dunia di luar Indonesia. Tetapi kita punya lho kain daerah, ini yang kita perkenalkan," tegasnya.


Penulis: (cr1/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments