Selasa, 28 Maret 2017

Tiga Kabupaten akan Miliki Kantor SAR, H Bakri: Dananya Sudah Dianggarkan


Senin, 05 Desember 2016 | 12:21:35 WIB


H Bakri saat mengecek perlengkapan SAR di kantor Basarnas Jambi belum lama ini
H Bakri saat mengecek perlengkapan SAR di kantor Basarnas Jambi belum lama ini / istimewa

JAMBI - Provinsi Jambi termasuk salah satu wilayah yang rawan bencana, seperti banjir dan tanah longsor. Untuk mempercepat proses penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana, Provinsi Jambi dipandang perlu memiliki kantor SAR di banyak tempat.

Saat ini, kantor SAR hanya terdapat di Kota Jambi. Kondisi ini dinilai tidak efektif, untuk menjangkau seluruh wilayah Provinsi Jambi.

Mempertimbangkan hal itu, pada tahun 2017 mendatang Basarnas akan membangun tiga kantor SAR di Provinsi Jambi. Bahkan anggaran untuk pembangunan tiga kantor SAR tersebut sudah dianggarkan.

Nantinya, salah satu kantor SAR akan dibangun di Kabupaten Kerinci. Ini mengingat Kerinci merupakan wilayah paling barat Provinsi Jambi, dan masih rawan bencana.

Selain itu, juga akan dibangun di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), yang merupakan wilayah pesisir. Terakhir, kantor SAR akan dibangun di Kabupaten Bungo, dan diharapkan mampu mengcover kabupaten tetangga seperti Merangin, Tebo, dan lainya.

"Kita tidak mendoakan bencana itu terjadi. Tetapi hal tersebut perlu di antisipasi secara dini," ujar H. Bakri menanggapi rencana pembangunan tiga kantor SAR tersebut.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang duduk di Komisi V DPR RI ini menambahkan, dana yang sudah dianggarkan untuk pembangunan kantor SAR itu harus diawasi penggunaannya.

"Jika tidak diawasi takutnya nanti anggaran ini dipindahkan ke daerah lain. Dan inilah salah satu tugas saya, untuk mengawasi anggaran yang diperutukkan bagi pembanngunan Provinsi Jambi," pungkasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments