Jumat, 19 Januari 2018

Imbangi Vietnam, Indonesia ke Final Piala AFF


Rabu, 07 Desember 2016 | 22:00:20 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Timnas Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF 2016. Keberhasilan ini tidak terlepas dari hasil imbang 2-2 saat menghadapi Vietnam di leg kedua babak semifinal.

Dengan hasil ini, Indonesia berhak melaju ke babak final karena unggul selisih gol, setelah di leg pertama berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1. Di babak final nanti, Indonesia masih akan menunggu lawan antara Thailand atau Myanmar, yang masih akan memainkan laga leg kedua babak semifinal.

Bertandang ke Stadion My Dinh National Stadium Hanoi pada Rabu (7/12) malam, Timnas Indonesia sejak menit awal lebih banyak tertekan. Namun lewat sebuah serangan balik di menit 54, Indonesia berhasil mencuri gol lewat kaki Stefano Lilipaly.

Indonesia semakin di atas angin setelah di menit 77 kiper Vietnam M. T. Nguyen diusir wasit karena dianggap melakukan pelanggaran. Namun unggul jumlah pemain gagal dimanfaatkan pemain Indonesia.

Malahan Vietnam berhasil menyarangkan dua gol ke gawang Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga, masing-masing lewat T. V. Van di menit 83, dan T. V Minh di menit 90.

Skor 2-1 untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga waktu normal berakhir. Laga pun harus dituntaskan lewat perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan. Di menit 97, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat penalty yang dieksekusi Manahati Lestusen. Wasit memberikan hadiah penalty untuk Indonesia setelah Ferdinan Sinaga dilanggar oleh pemain Vietnam di kotak terlarang.

Setelah gol penyama kedudukan Indonesia tersebut, pemain-pemain Vietnam semakin gencar melakukan serangan. Namun meski mendapat dukungan penuh dari supporternya, pemain-pemain Vietnam gagal menciptakan gol tambahan.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit, skor tetap imbang 2-2. Timnas Indonesia pun berhak melaju ke babak final.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments