Sabtu, 19 Agustus 2017

Wow... Produksi Pabrik Pakan Ikan di Tangkit Tembus 2 Ton per Hari


Kamis, 15 Desember 2016 | 13:45:44 WIB


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, Saipuddin
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, Saipuddin / Istimewa

JAMBI - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, Saipuddin menyebutkan, pabrik pakan ikan yang berada di Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, sudah mampu memproduksi sebanyak 2 ton per hari.

"Kemampuan Produksi itu rata-rata 2 ton per hari, sudah kita uji coba maksimalnya segitu," katanya Rabu (14/12).

Produksi pakan ikan tersebut masih tergantung dengan pasokan listrik, pasalnya apabila listrik padam otomatis mesin pembuat pakan ikan tersebut tidak beroperasi.

"Pegawai di sana kerja kan per jam, kalau sehari maksimal kerjanya mencapai 2 ton per hari, kadang juga satu ton per hari, tergantung mereka produksi. Kalau lampu mati memang mereka tidak produksi karena ketergantungan oleh listrik," jelasnya.

Untuk hasil produksinya, ada beberapa kelompok pembudidaya ikan di daerah Tangkit langsung membeli ke pabrik pakan ikan, namun hasil pakan ikan tersebut tidak dijual kepada perorangan, karena bisa saja nanti pakan tersebut di stok.

"Tujuan pabrik pakan ikan ini, menyediakan pakan murah kepada pembudidaya ikan. Alhamdulillah kita jual hasil pakan ikan itu Rp 4.800 per kilo dengan protein 31 persen. Nah itu kalau beli di pasar harganya mencapai Rp 7 ribu per kilo dengan protein yang sama," jelasnya.



Penulis: Ardiansyah
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments