Rabu, 18 Oktober 2017

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Online atau Offline


Sabtu, 17 Desember 2016 | 10:49:30 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

MAU pilih bisnis online atau bisnis Offline yah?. Serta bagaimana Keuntungan dan Kekurangan bisnis online dan bisnis offline ? Pertanyaan di atas segera terjawab dengan sedikit pembahasan yang akan di bahas dibawah ini. Sebelum memulai tentu kita harus tahu apa itu bisnis online dan apa itu bisnis offline.

Bisnis online adalah aktifitas bisnis baik berupa jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya. Seperti toko online yang menjual baju, kosmetik dll

Bisnis offline adalah bisa dikatakan bisnis yang dikerjakan di dalam dunia maya. Dari mulai proses pembelian dan transaksi serta pengambilan barang di lokasi tersebut. Seperti membuka toko sembako, baju, bangunan dll. hanya saja bisnis offline adalah lingkup pemasaran terbatas, yang tentunya akan berdampak pada omset yang dihasilkan,

Apakah keduanya bisa berjalan secara bersama – sama?

Meskipun kedua bisnis ini berbeda. Bukan berarti anda tidak bisa menggabungkannya. Anda bisa saja menggabungkan bisnis online dan bisnis offline secara bersamaan. Misalnya, saat anda berbisnis jualan baju secara offline, anda bisa membuat toko online dengan barang yang sama ada jual secara offline tentu hasilnya bisa berlipat ganda. Atau sebaliknya saat anda berbisnis kuliner secara online, anda bisa ikut berpartisipasi dalam bazar-bazar kuliner secara offline.

Sekarang apa saja Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Online dan Bisnis Offline berikut penjelasanya yang di kutip dari rosalinalie.com :

Modal

Hal pertama sebelum memulai bisnis adalah modal. Berikut alternatif bagi yang mempunyai modal kecil tetapi tetap bisa memulai usaha.
Bisnis Online membutuhkan modal yang bisa dikatakan lebih murah, karena biaya awal yang dibutuhkan untuk membuka toko online hampir bisa dikatakan gratis, jika anda hanya membuat website gratisan. Namun jika anda memilih untuk membuat website berbayarpun harganya masih lebih murah dibanding bisnis offline.

Bisnis Offline jelas membutuhkan persiapan yang matang untuk modal. Anda harus menyiapkan modal untuk sewa gedung yang semakin hari semakin mahal. Harus sapkan modal untuk beli barang yang akan anda jual di bisnis offline anda.

Jaringan Pemasaran

Bisnis Online mempunyai jaringan yang sangat luas. Anda berkesempatan mendapatkan pembeli dari seluruh Indonesia bahkan dunia. Karena anda menggunakan media internet yang online ke seluruh dunia dan mampu dilihat oleh seluruh orang dari berbagai kota/wilayah/daerah/negara yang ada.Bisnis Offline, jaringan lebih sempit, mungkin hanya pada orang-orang disekitar toko atau daerah tersebut saja.

Waktu

Bisnis Online tidak terikat oleh waktu. Buka 24 jam. Bahkan saat anda sedang tidurpun bisa saja anda akan mendapatkan orderan di website toko online anda
Bisnis Offline hanya bisa buka dengan waktu-waktu yang terbatas, mungkin sekitar 8 jam sehari, dan akan tutup pada tanggal merah dan hari libur.

Pemasaran

Bisnis online tidak membutuhkan sistem pemasaran yang rumit sepetrti harus mengeluarkan modal untuk cetak brosur dan menyebarkannya ke masyarakat, anda cukup melakukan promosi dengan memanfaatkan social media seperti facebook, twitter, instagram, dll

Bisnis Offline masih membutuhkan dan memakai sistem cetak brosur yang membutuhkan modal tidak sedikit dan anda juga harus repot membagikan brosur tersebut agar banyak orang yang melihatnya.

Jenis Produk

Bisnis Online bisa menjual berbagai jenis produk. Namun akan lebih murah menjual jenis barang yang lebih spesifik, karena orang mencarinya sesuai dengan barang yang sedang dibutuhkannya di internet.

Bisnis Offline bisa menjual berbagai jenis barang dalam satu toko, namun tentunya akan terbatas pada tempat dan penyediaan stock barangnya.

Jumlah Produk

Bisnis Online tidak harus stock produk, anda bisa memilih sistem dropship. Jumlah barangnya juga bisa disesuaikan dengan permintaan dari pembeli anda

Bisnis Offline, anda harus mempunyai stock barang yang akan dipasarkan dan anda perlu mencermati barang apa yang sebaiknya anda stock, dan hal itu tergantung pada permintaan pasar terhadap produk tersebut, karena jika tidak anda bisa saja membuat pemumpukan barang digudang sementara permintaan sedikit atau sebaliknya.

Cara Pembelian

Bisnis Online melakukan cara pembeliannya dengan online saja, tidak perlu terjadi tatap muka, semua dilakukan di depan komputer, dengan mengetikkan kata yang mewakili nama barang yang sedang anda cari di mesin pencari seperti google, yahoo, dll. Kemudian melakukan transaksi pada website yang anda temukan.

Bisnis Offline melakukan cara pembeliannya dengan tatap muka langsung dengan pembelinya. Anda akan langsung berbicara dan barter barang dengan pembeli anda.

Sistem Pembayaran

Bisnis Online melakukan sistem pembayaran secara online, yaitu berupa transfer bank ke rekening penjual. Setelah penjual menerima uang di rekeningnya sejumlah dengan orderan anda, maka barang akan dikirimkan ke alamat anda.

Bisnis Offline melakukan sistem pembayaran langsung saat pembeli datang memilih barang yang diinginkan, kemudian membayarkannya secara tunai/langsung kepada pembeli, kemudian bisa membawa barang yang di belinya secara langsung.

Tenaga Kerja

Bisnis Online tidak membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengerjakannya, bahkan jika anda pemula, anda hampir tidak membutuhkan karyawan sama sekali, anda bisa menghandlenya sendiri

Bisnis Offline sangat membutuhkan tenaga kerja bantuan, apalagi anda baru awal buka toko, anda pasti akan membutuhkan bantuan orang lain untuk membereskan barang dan menyiapkan segala sesuatunya ditoko offline anda sebelum anda mulai menjual barang dagangan anda di toko offline anda.

Cara Mencari Barang

Bisnis Online lebih mudah untuk mencari barang yang anda butuhkan, cukup dengan cara mengetikkan kata/kalimat sesuai nama barang yang anda sedang cari di google, setelahnya mesin pencari akan menampilkan yang anda minta.

Bisnis Offline akan lebih sulit untuk mencari barang yang sedang anda butuhkan. Anda perlu tahu toko yang menyediakannya atau anda harus mengunjungi beberapa tempat bahkan mencari di etalase mana dia ada atau butuh bertanya-tanya dulu kepada orang lain yang mungkin mengetahuinya.

Buka Cabang

Bisnis Online bisa punya cabang banyak hanya dengan cara buat banyak website, atau buat toko secara gratis di sebanyak market place yang ada atau di merchant-merchant yang ada, biasanya banyak yang menyediakan buka akun toko secara gratis maupun berbayar.

Bisnis Offline anda bisa buka cabang di wilayah yang berbeda yang pasarnya cukup menyakinkan, namun untuk ini anda pastinya harus menyiapkan modal yang juga tidak sedikit tentunya untuk setiap cabang yang akan anda buka ini.

Demikanlah beberapa peredaan antara bisnis online dan bisnis offline, semoga bisa memberi manfaat dan masukkan bagi anda yang ingin memulai bisnis anda. Salam Sukses


Penulis: Duniaislam.org
Editor:
Sumber: masgibran.com

TAGS:


comments