Rabu, 18 Oktober 2017

Jangan Takut, Khitan Itu Sangat Baik untuk Kesehatan


Rabu, 21 Desember 2016 | 11:40:23 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / dok/metrojambi

KHITAN atau sunat merupakan salah satu anjuran dalam agama Islam untuk membuat organ vital lebih bersih.Secara medis, sunat saat ini semakin populer seiring banyaknya permintaan seluruh kalangan untuk melakukan sunat karena demi alasan kesehatan dan kebersihan. Salah satu metodenya yaitu teknik konvensional Dorsal Slit.

Teknik ini merupakan teknik potong konvensional biasa yang dinilai jauh lebih aman. Teknik ini digunakan para ahli medis dan dokter di Rumah Sakit Puri Cinere dalam agenda sunatan massal dalam rangka 25 tahun Hari Ulang Tahun (HUT) RS Puri Cinere.
Waktu ada lebih dari 100 anak yang disunat oleh para dokter ahli bedah dan emergency.

“Ini dalam rangka HUT ke-25 kami dengan tema Indahnya Berbagi. Sehingga masyarakat sekitar bisa merasakan kehadiran kami dan kepedulian kami. Rata-rata usia 6-13 tahun. Tekniknya berupa potong konvensional biasa dan jauh lebih aman,” kata Ketua Panitia HUT ke-25 RS Puri Cinere dr. Agustinus Sujatmiko, SpS, Selasa (20/12).

Teknik ini jauh lebih aman karena risiko pendarahan pasca sunat bisa diminimalisir.

Satu alat digunakan untuk satu anak kemudian peralatan medis langsung dibawa ke ruang khusus untuk disterilkan.

“Satu orang langsung alat-alat disterilkan. Jadi betul-betul safety. Dan yang melakukan tindakan juga dokter para ahli,” jelas Eko, begitu dia akrab disapa.

Eko menjelaskan sunat merupakan bagian dari PHBS karena untuk membersihkan kotoran yang berada di organ vital laki-laki.
Sehingga kemungkinan timbulnya infeksi juga dapat diminimalisir selain dalam agama islam adalah kewajiban.

“Ini untuk kebersihan dan kesehatan. Sunat dewasa pun saat ini sudah jadi tren juga untuk alasan kebersihan. Kemungkinan ada kotoran yang menyumbat. Ada beberapa permintaan sunat dewasa dan kami lakukan di kamar operasi karena lebih berisiko dan melewati beberapa tahap pemeriksaan,” tegas Eko.


Penulis: (cr1/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments