Senin, 27 Maret 2017

Wih, Akun BBM Hakim Agung Diretas, Pembajak Minta Uang


Kamis, 22 Desember 2016 | 13:40:08 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

AKUN BlackBerry Messenger milik Hakim Agung Andi Samsan Nganro menjadi korban peretasan. Si peretas ini memanfaatkan akun BBM korban untuk meminta sejumlah uang ke sejumlah teman dan kolega korban.

"Kasusnya sudah dilaporkan melalui kuasa hukum korban, dan sedang diselidiki oleh Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Kamis (22/12).

Dia menerangkan, kejadian ini bermula ketika staf korban, Lekova mengkonfirmasi korban karena meminta uang sebesar Rp 10 juta pada tanggal 10 Desember lalu. Korban merasa kaget dan menjelaskan bahwa hal itu tidak benar.

"Menurut korban, sebelumnya korban membuka sebuah link yang dikirimkan oleh seseorang ke kontak BBM-nya dan mengharuskan korban memasukkan email korban, sehingga dia tidak bisa membuka lagi kontak BBM-nya ," terang dia.

Modus itu adalah modus phising alias pemalsuan identitas. Di mana pelaku mengirimkan link yang mirip dengan sebuah situs lembaga atau instansi tertentu. Modus ini banyak terjadi pada pembobolan rekening nasabah bank, di mana pelaku mengirimkan link seolah-olah asli dari pihak bank.

Setelah membuka link pancingan, tanpa disadari data-data korban diretas oleh pelaku dan dipergunakan untuk kejahatan, misalnya membobol rekening ATM atau untuk penipuan seperti yang dialami hakim agung.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat membuka link," tukas mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur.


Penulis: (elf/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments