Minggu, 17 Desember 2017

Ilmu Fiqih Itu Apa Sih?


Rabu, 28 Desember 2016 | 10:38:53 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

SAHABAT dunia islam, Sering kali kita jumpai ada beberapa orang yang masih belum paham apa itu Hakikat Ilmu Fiqih. Bahkan saking tidak pahamnya dengan ilmu fiqih sampai punya anggapan bahwa fiqih itu hanya perkataan manusia saja yang tidak berlandaskan dalil-dalil syar’i. Fiqih dianggap hanya sekedar perkataan madzhab Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hanbali.

Ketika seseorang punya pandangan mengenai fiqih seperti hal tersebut diatas maka dengan mudahnya yang ada dibenaknya adalah kalimat “Mari tinggalkan madzhab dan saatnya kembali kepada al-Quran dan al-Hadits”.

Kalimat ini bisa jadi benar dan bisa jadi juga salah. Dianggap benar karena memang Nabi menganjurkan kepada kita untuk kembali kepada al-Quran dan al-Hadits, Bahkan dua pusaka itulah yang diwariskan oleh Nabi kepada umatnya. Dianggap salah karena memang tidak semua orang bisa memahami al-Quran dan al-Hadits dengan benar. Oleh sebab itu tidak semua orang boleh mengotak-atik ayat al-Quran dan al-Hadits dengan pemahamannya sendiri yang super dangkal.

Penulis: Muhammad Ajib, Lc
Editor:
Sumber: Rumahfiqih.com/duniaislam.org

TAGS:


comments