Minggu, 20 Agustus 2017

Kenali Penyebab Berat Badan Berlebih


Rabu, 28 Desember 2016 | 11:09:34 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

ADA beberapa alasan yang memicu kenaikan berat badan seseorang, entah dari gaya hidup, pola makan junk food yang berlebihan, kurang aktivitas fisik, pola tidur tak teratur dan lain-lain.

Memiliki pola hidup sehat adalah hal yang sudah populer. Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah berat badan ideal sudah di tangan Anda? Kalau belum, cobalah untuk mencari penyebabnya.

Berikut ini beberapa alasan berat badan Anda bertambah, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Senin (26/12).

1. Kurang tidur.

Kurang tidur bahkan lebih merugikan. Pria dewasa 26-54 tahun perlu 7-9 jam tidur per malam. Ketika jumlah yang diperlukan tidur tidak dipenuhi, maka akan menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Makan sehat.

Meskipun kedengarannya gila, makan sehat ternyata menyebabkan makan lebih dari yang biasanya.

Karena makan sehat, kita kerap asumsikan tidak mendapatkan cukup kalori atau tidak kenyang. Karena itu biasanya kita makan lebih banyak.

3. Kalori cair.

Tidak ada yang terdengar lebih lezat daripada menghirup minuman manis panas yang mengandung kalori cair, namun ternyata kalori cair adalah salah satu cara mudah tubuh Anda mengalami kenaikan berat badan tanpa menyadarinya.

4. Gluten-free.

Banyak orang di Amerika memang alergi terhadap gluten atau memiliki sensitivitas gluten, tetapi ketika melihat kata-kata gluten free, Anda langsung berpikir itu adalah makanan sehat.

Gluten-free itu sebenarnya adalah makanan yang tidak sehat.

5. Stres.

Stres menyebabkan Anda kelaparan atau makan segala sesuatu yang terlihat di depan mata Anda. Stres terhubung ke peningkatan nafsu makan karena hormon yang dilepaskan saat Anda merasa stres.


Penulis: (fny/jpnn)
Editor:
Sumber: jpnn.com

TAGS:


comments