Minggu, 24 September 2017

Bom 1,8 Ton Gegerkan Warga Augsburg


Selasa, 27 Desember 2016 | 13:56:04 WIB


MEGA: Bom besar yang ditemukan di Jerman.
MEGA: Bom besar yang ditemukan di Jerman. / AFP

LEBIH dari 50 ribu penduduk di kota Augsburg, Jerman, dievakuasi dari rumah mereka. Hal itu dilakukan setelah sebuah bom raksasa sisa peninggalan Perang Dunia ke-2 di temukan di kota tersebut.

Bom itu akan dinonaktifkan. Dan, demi keamanan semua warga, mereka diharuskan meninggalkan kota. Itu adalah evakuasi terbesar demi bom yang belum meledak sejak akhir Perang Dunia ke-2. Bom seberat 1,8 ton buatan Inggris itu diduga dijatuhkan saat serangan udara pada 1944. Bom-bom lain menghancurkan kota namun bom yang satu ini kelihatannya gagal meledak.

Polisi Jerman pun sudah menjinakkannya dan mengumumkan kalau bom sudah aman. Evakuasi dan penjinakkan bom saat Natal dilakukan karena itu adalah hari libur dan penduduk kota banyak yang sudah liburan. ”Evakuasi ini harus dilakukan. Semua orang harus memastikan setiap anggota keluarganya sudah aman,” ujar Walikota Augsburg Kurt Gribi.

Penemuan bom sisa Perang Dunia ke-2 kerap terjadi di Jerman. Pada 2015, 20 ribu orang di Cologne harus meninggalkan rumah mereka setelah bom seberat satu ton ditemukan. Pada Januari 2012, seorang pekerja konstruksi terbunuh saat secara tidak sengaja meledakkan bom di Euskirchen.

Pada Desember 2011, 45 ribu orang dievakuasi dari Koblenz setelah bom ditemukan di Rhine. Butuh waktu tiga jam sampai bom itu aman.


Penulis: (BBC/CNN/tia)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments