Jumat, 31 Maret 2017

Keren! SMPN 1 Kota Jambi Kembali Memperkenalkan Permainan Tradisional


Sabtu, 07 Januari 2017 | 13:17:18 WIB


Siswa bermain permainan tradisional
Siswa bermain permainan tradisional / Amril Hidayat

JAMBI -  Semakin majunya teknologi membuat semakin banyak permainan anak tradisional terlupakan. Bahkan banyak anak zaman sekarang yang sudah tidak mengenal lagi permainan tradisional tempo dulu, karena anak zaman sekarang lebih mengenal permainan digital.

Padahal permainan tradisional banyak mengandung unsur yang baik, terutama untuk meningkatkan kebersamaan antara anak itu sendiri.
Untuk itu dalam rangka memperingati HUT Provinsi Jambi ke 60, Jumat (6/1) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Jambi, mengadakan kegiatan sehari mengingat permainan tradisional.

Dalam kegiatan tersebut, ada 14 permainan tempo dulu  dipermainkan lagi oleh siswa-siswi di sekolah tersebut,  mulai dari permaian buntang kaleng, lompat karet, yeye, gasingan, enggrang hingga dam-daman.

Pantauan di lapangan, terlihat keceriaan anak-anak yang ikut dalam permainan, karena mereka sudah tak pernah lagi memainkan permainan tersebut.

Mereka tampak ceria, karena permainan dilakukan bersama dan tak bisa bermain secara sendiri-sendiri. Tidak sedikit dari mereka yang tidak begitu paham dengan permainan tersebut, namun sebagian siswa tetap larut dalam kegembiraan permainan

Nanang, Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Jambi mentakan, kegiatan tersebut dilakukan agar anak-anak zaman sekarang bisa kembali mengenal dan  membudayakan permaianan tradisional tempo dulu.

“Mengingatkan permainan tempo dulu pada generasi sekarang. Jangan sampai permainan ini punah oleh generasi terkini yang tahunya permainan digital," kata Nanang.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments