Senin, 23 Januari 2017

Sukses Lestarikan Musik Kalinong, Al Haris Raih Penghargaan Warisan Budaya Tak Benda


Senin, 09 Januari 2017 | 15:01:54 WIB


Bupati Merangin H Al Haris meraih penghargaan Warisan Budaya Tak Benda
Bupati Merangin H Al Haris meraih penghargaan Warisan Budaya Tak Benda / Riki Saputra

BANGKO - Ada yang menarik para peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jambi ke-60 di Jambi. Pada serangkaian acara HUT Provinsi Jambi itu, Bupati Merangin H Al Haris meraih penghargaan Warisan Budaya Tak Benda.

Penghargaan itu diraih bupati atas kerja kerasnya terus berupaya melestarikan keberadaan musik Kalinong yang sekarang sudah diakui menjadi kesenian musik nasional.“Kita berharap Musik Kalinong ini akan terus terjaga selamanya sampai anak cucu kita,” ujar Bupati.

Prestasi yang membanggakan itu diberikan oleh Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia melalui Gubernur Jambi, H Zumi Zola pada acara apresiasi Seni Melayu Jambi Simponi Anak Negeri 2017 di Ratu Convention Centre, Jumat (6/1) malam.

Bupati merasa sangat bersyukur karena seni musik Merangin sudah diakui dan diterima oleh masyarakat luas di tingkat nasional. Ini artinya tegas bupati, Musik Kalinong tidak hanya milik masyarakat Kabupaten Merangin atau Provinsi Jambi saja,  tetapi sudah menjadi warisan nasional Indonesia.

Dengan diraihnya penghargaan itu akan menambah koleksi budaya Merangin dalam budaya nasional. “Kedepan saya berharap masih banyak lagi seni budaya kita terus diangkat untuk diakui di nasional. Sangat banyak tari-tarian atau budaya khas kita yang hampir punah,” terang Bupati.

Sedangkan untuk bidang pariwisata Merangin sudah ada yang go internasional yaitu Geopark Merangin. Bahkan, Geopark Merangin ini dalam waktu dekat akan ditinjau  tim penilai Unesco. Wisata alam lainnya, kata bupati, yakni taman hiburan seperti Taman Bunga Hesti’s Garden, Taman Batu Kabupaten Merangin dan sejumlah taman-taman kota lainnya.

“Kalau selama ini hanya ada taman-taman alam yang sudah lama, sekarang Pemkab Merangin sudah  menyiapkan tempat hiburan mudah dijangkau di taman-taman kota. sehingga warga tidak perlu keluar daerah,’’papar Bupati. Sekarang ini lanjut bupati, tinggal meramu paket perjalanan wisatanya saja ke Kabupaten Merangin. Bupati mengajak biro-biro perjalanan wisata di Tanah Air untuk menggarap program Paket Kunjungan wisata ke Kabupaten Merangin.


Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments