Senin, 21 Agustus 2017

Waduh, Hanya Segini Sekolah di Jambi yang Sanggup Laksanakan UNBK


Senin, 09 Januari 2017 | 20:16:02 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) batal melakukan moratorium terhadap Ujian Nasional (UN). Bahkan tahun ini akan dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Untuk tahun 2017 ini, Kemendikbud telah menunjuk 11.991 sekolah untuk melaksanakan UNBK, mulai dari SMP, SMA, hingga SMK. Bagi sekolah yang tidak mampu melaksanakan UNBK, terpakasa migrasi atau menumpang di tempat lain.

Menganggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi AR Syahbandar mengatakan, seharusnya pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan sebelum melihat keadaan sekolah di daerah.

"Jangankan untuk UNBK, mungkin persedian komputer mereka juga tidak ada," kata Syahbandar, Senin (9/1).

Dengan keputusan yang terkesan dipaksakan ini, akan berdampak kepada siswa yang melaksanakan ujian. Apalagi materi yang mereka terima berbeda, dan yang paling memperihatinkan adalah pelaksaannya menumpang disekolah lain.

"Intinya pemerintah daerah berkomunikasi dengan pusat dalam hal ini," tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, untuk pelaksanaan UNBK di Provinsi Jambi, tahun ini pemerintah pusat menargetkan pelaksanaan UNBK untuk SMA dan SMK di Jambi hanya 13 persen dari sekolah yang ada.

"Data sekolah kita yang mampu melaksanakan sebanyak 72 sekolah. Dan jika dipersentasekan sebesar 19,3 persen," kata zola.

Sedangkan untuk tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Provinsi Jambi, ditargetkan sebanyak 3,16 persen. Ini merupakan target nasional untuk Jambi pada UNBK tahun 2017.

"Itu dari kesiapan sekolah yang dimiliki Jambi," pungkas Zola.

 


Penulis: Ardiansyah
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments