Rabu, 25 Januari 2017

Peringatan HUT ke-60 Provinsi Jambi Berlangsung Meriah


Sabtu, 07 Januari 2017 | 13:34:31 WIB


Gubernur Jambi Zumi Zola menyerahkan piala Gubernur Cup
Gubernur Jambi Zumi Zola menyerahkan piala Gubernur Cup / Ardiansyah

JAMBI – Memperingati Hut Provinsi Jambi ke-60, Pemerintah Provinsi Jambi mengangkat tema “Dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Jambi ke-60, Kita Tingkatkan Daya Saing Daerah Menuju Jambi Tuntas 2021”.

Berbagai rangkaian acara digelar Pemerintah Provinsi Jambi dengan meriah dan semarak. Upacara peringatan HUT Jambi ini, digelar di lapangan hijau kantor Gubernur Jambi dipimpin oleh Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar.

Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar dalam sambutannya mengatakan Provinsi Jambi sudah memasuki usia ke 60 tahun, dia mengajak seluruh SKPD dan unsur Forkopimda yang hadir bersama–sama meningkatkan perekonomian dalam mensejahterakan masyarakat Jambi.
“Mari kita tingkatkan nilai produksi dalam negeri. Produksi dari segi apapun, karena kita tahu Provinsi Jambi kaya akan nilai produksinya,” kata Fachrori.

Acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa di DPRD Provinsi Jambi memperingati hari jadi ke-60 Provinsi Jambi. Turut hadir Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, anggota DPD RI Azizah Daryati Uteng, Perwakilan Jambi di DPR RI Elviana, Sutan Adil Hendra, H Syukur dan H Bakri.

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi Zumi Zola mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat, dirinya bisa menjalankan program untuk pembangunan Jambi. “Saya harap masyarakat dapat mendukung jalannya program pemerintah demi menciptakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” kata Zola.

Sementara itu, Mendagri, Tjahjo Kumolo dalam sambutannya juga mengajak Pemprov Jambi berserta seluruh elemen untuk terus berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat sejahtera. “Tantangan terbesar kita saat ini adalah persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Perlu dirembukkan nilai apa yang harus kita tonjolkan guna menciptakan masyarakat mandiri serta menciptakan lapangan pekerjaan dalam pembangunan,” kata Tjahjo Kumolo.

Selanjutnya rangkaian Hut Provinsi Jambi ke-60 adalah pembukaan Jambi Tuntas Expo di area Kantor Gubernur Jambi, dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar. Dalam sambutannya, Fachrori menyampaikan bahwa pameran ini tentunya sangat positif untuk mengangkat produk–produk lokal atau daerah yang berbasis pada kearifan lokal.



Fachrori juga berharap agar nilai–nilai yang digali dari khasanah sosial atau budaya yang selaras dengan karakteristik dan ciri–ciri khas masyarakat setempat sehingga dapat bersaing dalam skala nasional maupun global. “Agar dapat mendorong kreatifitas dan inovasi para pengrajin atau produsen serta membina produk unggulan daerah agar menghasilkan produk yang diminati pasar dan mempunyai daya saing tinggi ditingkat pasar global,” kata Wagub.

Secara resmi, Jambi Tuntas Expo dibuka oleh Ibu Gubernur Jambi, Sherin Tharia Zola dengan pelepasan balon ke udara dan pemotongan pita Expo Jambi Tuntas 2021. Selain itu, Gubernur Jambi, Zumi Zola juga membuka turnamen sepak bola Gubernur Cup 2017 di stadion tri lomba juang (KONI).

Zola menyebutkan, dirinya akan memberikan hadiah tambahan untuk juara satu sampai tiga. Ini dilakukannya agar para pemain lebih semangat dalam bertanding. “Juara I akan diberi tambahan hadiah sebesar Rp 15 juta, juara II, Rp 10 juta dan juara III, Rp 5 juta,” kata Zola.
Rangkaian kegiatan ditutup dengan acara Malam Apresiasi Seni yang digelar di gedung Ratu Confention Centre (RCC). Kegiatan ini juga dihadiri Gubernur Jambi, Zumi Zola bersama isteri Sherin Tharia Zola dan Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar berserta isteri, Rahima.

Acara ini dihadiri oleh Wakil DPRD Provinsi Jambi, As Syahbandar, Sekda Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu dan unsur Forkopimda.


Penulis: Ardiansyah
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments