Kamis, 23 Februari 2017

Tahun Ini Pemkab Batanghari Cetak 800 Hektare Sawah Baru


Selasa, 10 Januari 2017 | 21:29:47 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARA BULIAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari tahun ini rencananya akan melaksanakan program cetak sawah baru seluas 800 hektare, yang dibiyai dana APBD 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai swasembada beras.

“Rencananya, ada sekitar 800 hektare lahan sawah baru akan dicetak tahun ini,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian dan Perkebunan Batanghari, Lilis Suryani, Selasa (10/1).

Ia menjelaskan, 800 hektare cetak sawah baru tersebut nantinya akan dialokasikan ke beberapa kecamatan yang ada di wilayah Batanghari. Namun sebelum program tersebut dilaksanakan, akan dilakukan verifikasi ulang ke lapangan, untuk menilai apakah lokasi layak atau tidak.

“Setelah usulan dari desa kita terima, maka kita akan verifikasi dulu ke lapangan. Itu untuk melihat layak atau tidaknya lokasi itu dibuat cetak sawah baru,” ujarnya.

Dalam kegiatan cetak sawah baru ini, sambungnya, Pemkab Batanghari akan bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). “Untuk kegiatan tersebut, kita sudah bekerjasama dengan pihak TNI. Selai itu, petani yang ada saat ini juga diharapkan bisa membantu kegiatan tersebut sehingga berjalan lancar dan maksimal,” ujar Lilis.

Dengan adanya kegiatan cetak sawah baru ini, lanjut Lilis, diharapkan akan meningkatkan produktivitas padi di Batanghari, sehingga dapat berkontribusi pada ketahanan pangan di Batanghari.

“Mudah-mudahan, ke depan hasil panen petani semakin meningkat. Dengan adanya sawah baru, semoga bisa mengurangi beban hidup para petani hingga tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya.


Penulis: Junaidi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments