Rabu, 20 September 2017

Debat Kandidat Muarojambi & Tebo, Pengamat: Dituntut Kecerdasan Panelis


Rabu, 11 Januari 2017 | 10:09:37 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Pelaksanaan debat kandidat di dua daerah yang menggelar Pilkada yakni Muarojambi pada 16 Januari dan Tebo 25 Januari mendatang, diharapkan sesuai harapan masyarakat. Pengamat Politik Jambi, Navarin Karim, mengatakan, penyajian pertanyaan panelis menjadi catatan penting untuk persiapan bagi kedua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dalam upaya menciptakan debat kandidat yang diharapkan masyarakat.

"Debat itu, kecerdasan panelis juga dituntut, agar kandidat bisa menjawab lebih realistis dan logis," jelas Navarin Karim, kemarin (10/01).
Akademisi Fisipol Unja ini menyebutkan, program kandidat boleh sama, namun kejelian panelis dalam menawarkan pertanyaan. Tentu yang dianggap lebih baik memaparkan pertanyaan yang diberikan moderator pasti akan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk memilih.

"Seperti peningkatan ekonomi masyarakat. Apa yang ingin dimunculkan? program atau kapan bisa terealisasi?," paparnya.
Setelah melihat debat kandidat yang berlangsung selama ini, Navarin menilai bersifat  negative campaign yakni saling memojokkan antar kandidat. Ketika debat kandidat berlangsung juga lebih dominan hadir yel-yel dari pendukung kandidat. "Debat kandidat yang sudah ada, substansinya tidak dapat," aku Navarin.

Penulis: Zainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments