Selasa, 23 Mei 2017

Satgas Saber Pungli Resmi Dikukuhkan, Ini Pesan Bupati Tanjabbar


Kamis, 12 Januari 2017 | 15:25:24 WIB


Pengukuhan satgas saber pungli di Kabupaten Tanjabbarat oleh  Bupati DR Ir H Safrial MS
Pengukuhan satgas saber pungli di Kabupaten Tanjabbarat oleh Bupati DR Ir H Safrial MS / Muammar Solihin

KUALATUNGKAL - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Kamis (12/1), resmi dikukuhkan Bupati DR Ir H Safrial MS, di Gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati.

Dikatakan Bupati, instruksi Presiden tentang pembentukan Satgas Saber Pungli sudah sejalan dengan visi misinya. "Di awal kepemimpinan kami telah berkomitmen untuk melakukan debirokrasi, terutama dalam hal perijinan dan investasi" ujar Safrial.

Untuk mengantisipasi pungli, Bupati juga telah membuat beberapa kebijakan, mulai dari menaikkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) hingga 50 persen  di tahun 2017.

Kemudian dalam hal pelayanan terpadu, akan dibuat sistem online mulai dari pendaftaran. Tidak ada lagi transaksi tunai jika pelayanannya membutuhkan biaya atau retribusi. Pembayaran dilakukan lewat bank dan kantor pelayanan terpadu yang dikonsep tanpa sekat agar bisa transparan.


 Bupati DR Ir H Safrial MSBupati juga meminta, partisipasi aktif masyarakat untuk memberikan laporan dan informasi agar tim Satgas Saber Pungli bisa bekerja maksimal.  

Selain itu bupati juga meminta seluruh SKPD untuk menjadi sapu yang bersih. Mereka harus menjadi contoh pemberantasan Pungli.
Bupati mengatakan, bila sapu yang digunakan sendiri tidak bersih, maka sapu itu sendiri tidak akan bisa digunakan untuk membersihkan. Maka dari itu, dirinya meminta langsung agar seluruh Kepala SKPD untuk memperhatikan itu.

“Sebelum nanti terjadi hal yang tidak diinginkan. Makanya kita berikan peringatan dari sekarang. Bahkan itu sudah saya sampaikan sejak jauh-jauh hari,” ucap Bupati.

Contoh, katanya, ia menerima informasi adanya Kades yang memungut uang pembuatan Prona sebesar 10 persen. Karena itu melanggar aturan, ia meminta hal itu dihentikan. Ia bahkan sudah mengingatkan camat untuk menyampaikan hal ini kepada tiap-tiap kepala desa.

“Untuk kali ini mereka kita ingatkan dan kita bina. Tetapi kalau masih nakal dan tidak mau dibina ya harus dibinasakan,” tegas Bupati.

Untuk dikethaui, dikukuhkan sebagai Ketua Satgas Saber Pungli yakni Wakapolres Tanjabbar dengan wakilnya Inspektur Tanjabbar dan Kasi intel Kajari Tanjabbar. Anggota Satgas Saber Pungli berasal dari Kepolisian, Kejaksaan dan Inspektorat serta beberapa dari SKPD.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments