Jumat, 18 Agustus 2017

Heboh Kebijakan Imigrasi Trump, Ini Reaksi Jokowi


Senin, 30 Januari 2017 | 16:30:55 WIB


Presiden Amerika Serikat, Donald Trump
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump / Istimewa

JAKARTA – Kebijakan Donal Trump, Presiden Amerika Serikat yang akan memabatasi kedatangan warga dari tujuh Negara mayoritas muslim untuk penangguhan penerimaan pengungsi, membuat heboh. Terlebih lagi, tak sedikit penduduk Indonesia yang kini berada di wilayah itu.

Sikap Donal Trump ini, akhirnya direspon Presiden RI, Joko Widodo. Ia mengatakan, prinsipnya jelas dimana kesetaraan dan keadilan harus diperjuangkan.

“Prinsip konstitusi, saya kira jelas, bahwa yang namanya keadilan, yang namanya kesetaraan, harus terus diperjuangkan," kata Presiden Jokowi, di Sentra Kerajinan Tembaga Tumang, Kabupaten Boyolali, Senin (30/1).

Namun menurut Jokowi, Indonesia tidak akan terimbas dalam kebijakan Presiden Amerika Serikat tersebut. Karena itu, menurut Presiden, warga tak perlu resah. "Kita tidak terkena dampak dari kebijakan itu, kenapa resah?” sambung Jokowi.

Sikap berbeda diperlihatkan DPR RI. Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, Bobby Adhityo Rizaldi, dengan tegas menyatakan ‎menolak kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump melarang imigran dari sejumlah negara muslim.

Walaupun Indonesia tidak termasuk negara yang masuk daftar yang dilarang, kebijakan tersebut dinilai bisa memicu gerakan anti Islam.
"Tanpa bermaksud mengintervensi kebijakan Amerika di sana, larang tersebut kami sebenarnya tidak mendukung, walaupun Indonesia bukan dari tujuh negara tersebut itu bisa memicu anti Islam yang di mana warga Indonesia yang ada di sana," kata Bobby, Senin (30/1).

Bobby mengatakan mengatakan kebijakan tersebut patut disayangkan. Dia berharap Trump mempertimbangkan untuk membatalkannya.
‎"Jadi untuk kepentingan Indonesia walaupun kita tidak termasuk negara yang dilarang, kami sangat menyayangkan kebijakan tersebut, kiranya Donald Trump dapat menarik kebijakan tersebut, jadi kami meyayangkan kebijakan itu," kata anggota Fraksi Golkar ini.

Bobby mengaku sudah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Amerika Serikat mengenai kondisi terkini warga Indonesia di sana.
Ikbal 


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments