Jumat, 18 Agustus 2017

Luar Biasa, Dalam Semalam Terkumpul 8 Miliar Sumbangan Untuk Masjid di Victoria yang Terbakar


Selasa, 31 Januari 2017 | 16:50:22 WIB


Masjid yang dikelola Islamic Centre Victoria, Texas terbakar
Masjid yang dikelola Islamic Centre Victoria, Texas terbakar / Istimewa

SEBUAH Masjid yang dikelola Islamic Centre Victoria, Texas terbakar rata dengan tanah Sabtu dini hari (28/1). Ada kemungkinan masjid tersebut sengaja dibakar, sebab pintu masjid terbuka tapi alarm tidak berbunyi.

Pasca terbakar, pihak Islamic Center menggalang dana secara online lewat situs GoFundMe. Hasilnya, kurang dari 24 jam, uang yang terkumpul telah mencapai 600 ribu US$  atau setara Rp 7,99 miliar.

Sumbangan yang masuk itu mengagetkan Presiden Islamic Center Victoria, Shahid Hasmi. Ia menuturkan, sumbangan itu diluar dugaan. ''Ini luar biasa, kami sangat bersyukur,'' ujar Presiden Islamic Center Victoria Shahid Hashmi, dikutip dari jawapos.com

Pihak Islamic Center mentarget bisa mendapatkan USD 850 ribu (Rp 11,4 miliar) untuk membangun kembali masjid tersebut. Hingga Minggu pagi sudah terkumpul USD 780 ribu (Rp 10,4 miliar). Dengan begitu banyaknya uang bantuan yang mengalir, Hashmi yakin jika dalam kurun waktu beberapa hari saja target mereka terpenuhi dan masjid tersebut bisa dibangun kembali.

Hashmi telah menghubungi pihak yang dulu membangun masjid tersebut dan dia mau membantu pembangunan. Langkah selanjutnya tinggal menyingkirkan puing-puing bekas kebakaran dan mengajukan ulang ijin mendirikan tempat ibadah pada pemerintah kota. ''Atas kehendak Allah, kami bisa merayakan Ramadhan di masjid baru,'' ujarnya.

Tak semua yang memberikan sumbangan untuk mendirikan masjid tersebut adalah orang muslim. Banyak diantaranya yang merupakan umat Kristiani, Yahudi bahkan ateis. Martin Wagner adalah salah satunya. ''Saya ateis dan saya sangat sedih dan muak dengan apa yang terjadi pada kalian. Kebebasan beragama dan bebas dari penganiayaan adalah hak yang paling dasar!,'' tulisnya di laman GoFundMe Islamic Center Victoria.

Selain sumbangan, pihak pengelola masjid juga mendapatkan kunjungan dari berbagai komunitas. Baik itu dari gereja-gereja, sinagog, maupun umat muslim dari Houston, Dallas dan kota-kota lainnya. Mereka berdatangan untuk saling menguatkan.

''Lihatlah di Victoria dan ambil pelajaran tentang bagaimana orang bisa bersatu sebagai keluarga,'' ujar Presiden Islamic Society of Greater Houston M. J. Khan.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments