Senin, 24 Juli 2017

Terapi Baru Penyembuhan Stroke Ditemukan


Senin, 13 Februari 2017 | 11:57:06 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAKARTA– Teknik pengobatan baru untuk membalikkan efek dari stroke dilaporkan akan segera diperkenalkan oleh NHS. Pengobatan baru ini nantinya akan direkomendasikan untuk diterapkan di pusat spesialis di Inggris.

Berdasarkan laporan The Sunday Times, kebijakan NHS Inggris ini telah dalam bentuk draf. Nantinya melalui pengobatan baru ini dokter bisa membawa kembali harapan hidup pasien yang sudah dinyatakan akan meninggal dunia atau mengalami lumpuh, dikutip dari Republika.co.id, Senin (13/2).

Perawatan ini akan menggunakan tabung kecil yang dimasukkan ke arteri di pangkal paha dan bergerak menuju otak. Bekuan darah yang ada akan tersedot ke dalam tabung kemudian ditarik keluar dengan kawat kecil.

Cara tersebut dikatakan bermanfaat bagi mereka dengan gumpalan darah paling parah. Biasanya pengobatan menggunakan obat sudah tidak dapat membantu lagi.

"Ini adalah salah satu dari 10 inovasi medis dari dekade terakhir," kata Konsultan neuroradiologist Sanjeev Nayak yang telah merintis perawatan di Rumah Sakit University of North Midlands NHS Trust.

Uji coba pengobatan menyarankan jika setelah pengobatan perbaikan akan berfungsi secara mandiri 90 hari setelah stroke. Kesembuhan yang berjalan berada di antara 19 dan 35 persen.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments