Kamis, 25 Mei 2017

Penyakit Menular Ini Dikuatirkan Tenaga Kesehatan


Kamis, 09 Maret 2017 | 13:39:48 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

BANGKO - Penularan penyakit Tuberculosis (TBC) sangat dikuatirkan di Kabupaten Merangin. Pasalnya cukup banyak ditemukan kasus penyakit menular ini di Merangin.

Kepala Puskesmas Pematang Kandis, dr Sephelio mengungkapkan, di wilayah kerjanya saja cukup banyak ditemukan penderita TBC, karena cukup mudah dan cepat menular.

"Yang kita kuatirkan saat ini penyakit TBC. Karena banyak kita temukan kasusnya di sekitar kota Bangko, kita kuatir penyakit ini karena mudah menular," ungkapnya.

Dia mengatakan penderita penyakit TBC itu banyak ditemukan di tempat yang warga atau orangnya banyak dan melakukan interaksi setiap saat.

Diantaranya di lembaga pemasyarakatan, panti asuhan dan pondok pesantren yang mana merupakan tempat banyak terjadi interaksi antar sesama warga di lingkungan tersebut.

"Penderita TBC ini kita temukan di LP juga ada. Tidak lama ini dari 304 warga binaan yang kita periksa, sebanyak 6 orang positif TBC. Ini kita sangat kuatir, karena LP itukan lingkungannya kecil dan warganya banyak, melalui batuk saja itu bisa menular," sebutnya.

"Kita juga menemukan penderita TBC di panti asuhan ada 2 orang, kemudian ada juga 3 penderita di wilayah Sungai Ulak, juga ada ditemukan di pesantren. Itukan tempat yang orangnya banyak semua," katanya.

Terkait penderita TBC yang ditemukan, baik di LP, panti asuhan, pesantren dan juga di wilayah Sungai Ulak, dr Sephelio menuturkan pihaknya sudah melakukan penanganan.

"Mereka kita berikan pengobatan gratis, untuk yang di LP kita minta yang penderita TB itu agar dipisahkan dengan warga binaan lainnya. Begitu juga dengan penderita di tempat lainnya, agar tidak banyak berinteraksi sebelum sembuh," tuturnya.

Sephelio mengatakan, upaya untuk menekan penyebaran penyakit ini terus dilakukan. Mulai dari promosi kesehatan dan meminta warga yang merasa punya kendala untuk melakukan pemeriksaan ke dokter atau puskesmas.

"Kita juga mensosialisasikan agar warga membiasakan pola hidup sehat dan bersih. Kita juga mengharapkan jika ada warga yang batuk tak kunjung sembuh untuk melakukan pemeriksaan kesehatan," tuntasnya.


Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments