Jumat, 15 Desember 2017

Warga Nipah Panjang Temukan Delapan Koin Zaman Dinasti Sung


Kamis, 23 Maret 2017 | 09:57:30 WIB


Koin dari zaman Dinasti Sung yang ditemukan warga
Koin dari zaman Dinasti Sung yang ditemukan warga / Nanang Suratno

MUARASABAK-Delapan koin dari zaman dinasti Sung yang dimiliki Gafur warga Kecamatan Nipah Panjang, diserahkan ke Dinas Budparpora Tanjabtim. Saat ini, pihak Budparpora Tanjabtim menunggu pihak Balai Cagar Budaya (BCB) Jambi untuk menghitung nilai ganti rugi koin yang dimiliki Gafur.

"Ada delapan koin yang baru kita dapatkan dari warga Nipah Panjang,"ungkap Kabid Budaya Budparpora Tanjabtim Efendi, kemarin (22/3).

Selain delapan koin, lanjut Efendi, tiga guci dan dua tempat  minum ditemukan di Siti Hawa Kecamatan Rantau Rasau.

"Ada guci dan tempat minum juga yang kita temukan di rantau Rasau," jelasnya.

Sampai saat ini, benda-benda peninggalan bersejarah yang rata-rata berbentuk keramik itu sudah ditemukan dan diserahkan di Musium Negeri Jambi sekitar 45 persen.

"45 persen di Musium Jambi benda-benda bersejarah dari kabupaten kita,"ujarnya.

Menurutnya untuk Kabupaten Tanjung Jabung Timur, keberadaan benda-benda bersejarah dari data yang kita miliki kebanyakan berada di wilayah deltha timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bahkan dua hari lalu, di Nipah Panjang kembali ditemukan tapak sirih berbahan kuningan zaman dahulu.

"Wilayah deltah timur yang banyak benda-benda bersejarah, minggu depan kita akan ke Parit Culum untuk mengecek warga yang mempunyai benda-benda bersejarah, " katanya.

Pihaknya berharap, bagi masyarakat yang mempunyai, atau menyimpan benda-benda bersejarah kiranya untuk diserahkan ke Budparpora Tanjabtim untuk diganti rugi, karena kehawatiran benda-benda bersejarah itu akan diambil oleh kolektor.

"Kalau diambil kolektor dari luar kan sayang, silahkan masyarakat yang punya untuk menyerahkan ke kita, dan akan kita ganti rugi," katanya lagi.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments