Senin, 1 Mei 2017

Listrik Padam, Peserta UNBK Sempat Panik


Selasa, 04 April 2017 | 11:10:12 WIB


Suasana UNBK salah satu SMK di Kabupaten Kerinci
Suasana UNBK salah satu SMK di Kabupaten Kerinci / Dedi

JAMBI - Pemadaman listrik sempat mewarnai pelaksanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa daerah, Senin (3/4). Kejadian ini kontan saja langsung menimbulkan kepanikan dari siswa yang sedang mengikuti ujian.

Seperti UNBK di SMK Humaniora Kerinci. Peserta UN panik dan kelabakan karena pemadaman listrik hingga panitia UN di sekolah melakukan antisipasi dengan menghidupkan genset.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Humaniora Yusuf Samira mengatakan, siswa merasa tidak fokus menjalani ujian karena seringnya listrik mati. Sehingga pihak sekolah terpaksa menggunakan genset dan modem.

"Situasi ujian tetap terkendali, walaupun pakai genset. Kami satu-satunya peserta UNBK SMK di Kabupaten Kerinci," kata Yusuf.

Di bagian lain, pelaksanaan UNBK di Kabupaten Batanghari juga terganggu dengan pemadaman listrik. Siswa SMK Negeri 2 Batanghari pun tidak bisa menjawab soal akibat listrik mendadak padam ketika ujian tengah berlangsung.

Pemadaman listrik secara mendadak oleh pihak PLN Rayon Muara Bulian terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Listrik baru kembali menyala pada pukul 11.55 WIB. Akibat listrik padam, sejumlah siswa bubar meninggalkan ruang ujian.

Kepala SMK Negeri 2 Batanghari Tholib, membenarkan adanya pemadaman listrik oleh pihak PLN secara mendadak.

"Benar, listrik sempat padam tadi waktu peserta ujian lagi mengerjakan soal," kata Tholib.

Ia menjelaskan, pihak SMK Negeri 2 Batanghari telah melakukan antisipasi listrik padam dengan menyediakan genset. Hanya saja upaya tersebut tidak begitu efektif pada saat dilakukan simulasi.

"Kita pernah melakukan simulasi menggunakan genset sebagai antisipasi listrik padam. Namun upaya tersebut gagal, karena ada tiga unit komputer terbakar," tuturnya.

Ditambahkannya, sistem pengapian genset tidak bisa berjalan normal. Makanya tiga komputer meledak pada saat simulasi.

"Untuk menghindari ledakan komputer, pelaksanaan UNBK di lakukan setelah listrik kembali menyala," tandasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments