Selasa, 12 Desember 2017

Hari Ini, KPU Gelar Pleno Penetapan Bupati Terpilih

Dijaga Ketat Aparat Keamanan

Rabu, 05 April 2017 | 11:47:50 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

MUARATEBO - Setelah keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor Perkara 3/PHP.BUP-XV.2017 yang mengabulkan eksepsi termohon dan pihak terkait mengenai kedudukan hukum (legal standing) pemohon dan menyatakan permohonan pemohon tidak dapat dikabulkan, hari ini Rabu (5/4) KPU Tebo akan melaksankan pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Tebo Terpilih.

Ketua KPU Tebo, Basri menyebutkan pleno akan dilaksanakan Rabu (5/4). "Sesuai hasil rakor, kita akan menggelar pleno penetapan Rabu (hari ini red)," ujar Basri, Selasa (4/4).

Untuk lokasi sendiri, Basri mengatakan pleno akan digelar di aula utama komplek Kantor Bupati Tebo. "Lokasinya kita sudah siapkan di aula utama kantor Bupati," katanya.

Ditanya apakah kedua paslon diharuskan hadir pada pleno tersebut, Basri mengatakan, dalam aturan tidak diwajibkan hadir, namun pihak KPU tetap melayangkan undangan kepada kedua Paslon.

"Yang jelas kita undang, Panwas, parpol pengusung, Pemda dan lain sebagainya, kalau Paslon tetap juga kita layangkan undangan," ungkap Basri

Komisoner KPU Bidang Hukum, Sri Asteti menyebutkan, setelah penetapan tersebut pihaknya akan mengusulkan jadwal pelantikan ke DPRD Tebo untuk dibahas.

"Setelah penetapan kita akan mengajukan ke DPRD, dan DPRD lah yang akan membahas usulan jadwal pelantikan tersebut," katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Tebo Wartono Trian Kusumo menjelaskan, pihaknya saat ini masih menunggu surat usulan dari KPU Tebo, yang mana nantinya surat tersebut akan dibahas oleh DPRD Tebo.

"Kita menunggu surat dari KPU, setelah surat itu masuk akan kita bahas dan lima hari setelah surat masuk, akan kita ajukan ke Mendagri untuk menetapkan jadwal pelantikan, untuk jadwal adalah kewenangan Mendagri," ungkapnya.

Pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Tebo Terpilih ini sendiri akan dijaga ketat aparat kemanan. Bahkan pihak kepolisian akan menurunkan 602 personil. "Untuk pengamanan pleno penetapan, kita akan turunkan 602 personil kepolisian," ujar Kabag Ops Polres Tebo, Kompol Jalaluddin.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments