Senin, 24 April 2017

CE-Hilal akan Dilantik Mei 2017


Jumat, 07 April 2017 | 09:46:41 WIB


Cek Endra- Hilalatil Badri
Cek Endra- Hilalatil Badri / Istimewa

SAROLANGUN - Setelah menetapkan, Cek Endra dan Hillatil Badri (CE-Hilal), sebagai bupati dan wakil bupati Sarolangun terpilih periode 2017-2022, Kamis (6/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarolangun kembali menjadwalkan pengusulan pelantikan CE-Hilal ke DPRD Sarolangun.

Pengusulan pelantikan dijadwalkan pada Kamis 7 April 2017. Ini dikatakan Ketua KPU Sarolangun Akhyar, usai membacakan salinan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih 2017.

“KPU mengusulkan pelantikan bupati dan wabup ke DPRD, kemudian DPRD menindaklanjuti pengusulan ke Pemkab Sarolangun. Lalu Pemkab meneruskan ke Pemprov Jambi, selanjutnya Pemprov meneruskan ke Kemendagri,” kata Akhyar.

Ditambahkannya, setelah dilakukan pengusulan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih ke DPRD, maka tahapan Pilkada Sarolangun 2017 rampung.

“Terakhir tugas KPU adalah melakukan pleno terbuka penetapan bupati dan wakil bupati terpilih dan mengusulkan pelantikan,” ujarnya.

Sementara itu, Hillalatil Badri saat diwawancarai mengatakan, setelah dilakukan penetapan dan pengusulan pelantikan oleh KPU, CE-Hilal berpeluang dilantik pada Mei 2017 nanti.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Pelantikan kepala daerah se-Indonesia dilakukan tiga tahapan, yakni Mei, Juli, dan Desember 2017,” kata Hilal.

Menurut Hilal, pelantikan kepala daerah yang dilakukan pada Mei 2017, diantara wilayah yang bermasalah perkara Pilkada di MK. Sedangkan pelantikan dilakukan Juli 2017, jika daerah yang perkara Pilkada sudah memiliki kekuatan hukum di MK.

Sedangkan pelantikan Desember 2017 dilakukan untuk DKI Jakarta, karena Pilkada berlangsung putaran kedua. “Pelantikan kami bisa digelar pada Mei 2017,” tandasnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments