Jumat, 15 Desember 2017

OJK Bidik Petani dan UMKM


Jumat, 07 April 2017 | 10:43:49 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI-Masih rendahnya  tingkat kesadaran masyarakat Jambi terhadap pemanfataan lembaga jasa keuangan dalam pengelolaan keuangannya. Otoritas Jasa Keuangan  (OJK) terus  berupaya untuk meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan. Salah satu upaya dengan membidik para pelaku UMKM, petani dan peternak.

Darwisman, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jambi menyebutkan,  sejak 2014 OJK Provinsi Jambi sudah melakukan literasi keuangan pada beberapa sektor seperti ibu rumah tangga, pelaku UMKM, mahasiswa, pelajar dan  tenaga pendidik.

“Yang paling penting  juga nanti adalah literasi  langsung kepada UMKM dan petani. Pertenak,  termasuk pekebun yang jumlahnya banyak di Provinsi Jambi,” tegasnya, kemarin ( 6/4).

Sektor pertanian menjadi bagian yang tidak bisa ditinggalkan untuk keberlangsungan sosialisasi lembaga keuangan. Ini mengapa, sebab dikatakan Darwisman di Provinsi Jambi ini sektor perkebunan, pertanian adalah sektor unggulan. Pada sektor ini dinilainya perlu diberikan akses keuangan yang baik. Selain itu, peluang di sektor ini juga sangat besar.

Tak hanya itu, sejalan dengan apa yang dicanangkan Presiden mengenai konsep ekonomi berkeadilan, OJK juga terus berupaya untuk ambil bagian didalamnya.

Ini berkaitan dengan upaya agar semua masyarakat  dapat terakses dengan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan salah satunya melalui  akses keuangan.

“Akses keuangan yang merata memang diharapkan dapat menyentuh  kepada semua lapisan masayrakat,” ujarnya.

Diharapkan terwujudnya ekonomi berkeadilan yang dicanangkan presiden ini agar  tidak ada lagi ketimpangan ekonomi. Semua  lapisan masyarakat bisa mendapatkan fasilitas akses keuangan yang baik sampai ke pelosok.

“Semua komponen masyarakat dapat mengakses jasa keuangan dengan baik, ini juga yang diharapkan pemerintah dimana selambat-lambatnya 2019 diharapkan  75 persen masayarakt dewasa bisa terakses keuangan dengan baik,” bebernya.

Untuk itu, Darwis meyakini edukasi dan literasi akan terus dilakukan dan ditingkatkan untuk menyentuh semua masyarakat.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments