Minggu, 28 Mei 2017

Cegah Penyebaran Rabies, Puskeswan Lakukan Vaksin


Senin, 10 April 2017 | 11:46:29 WIB


VAKSIN RABIES: Pemberian vaksi rabies kepada hewan peliharaan warga
VAKSIN RABIES: Pemberian vaksi rabies kepada hewan peliharaan warga / Nanang Suratno

MUARASABAK - Antisipasi penyebaran virus rabies, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Rantau Rasau memberikan vaksin rutin rabies kepada hewan peliharaan masyarakat.

Pemberian vaksin rabies ini dilakukan agar penyakit hewan yang dikenal mematikan tersebut tidak menyebar luas di wilayah Tanjabtim.

Kepala Puskeswan Rantau Rasau, Rohani mengatakan, vaksin diberikan secara cuma-cuma untuk menekan penyebaran rabies yang menular.

Petugas Puskeswan melakukan vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan dibeberapa desa di Kecamatan Rantau Rasau. Hewan yang mendapat vaksin rabies terutama kucing dan anjing.

Dikatakannya, saat pemberian vaksin Petugas Puskeswan berkeliling mendata warga yang memiliki hewan peliharaan tersebut ke rumah masing-masing. Hewan-hewan langsung disuntik vaksin dan petugas sekaligus memberikan pembinaan kepada pemiliknya.

Menurut Rohani, pemberian vaksin rabies ini rutin setiap tahun. Pihaknya menyisir ke desa-desa agar semua hewan yang menjadi sasaran tidak ada yang luput dan ikut terhitung jumlah populasinya.

"Bagi warga yang hewan peliharaannya tidak sempat mendapat vaksin rabies saat di rumah, karena tidak ada di tempat, bisa membawanya langsung ke Puskeswan," sebutnya.

Wodo (38), warga Desa Harapan Makmur Kecamatan Rantau Rasau mengatakan, hewan miliknya sudah sering mendapat vaksinasi rabies. "Alhamdulillah vaksinnya rutin, bahkan  suntik vaksin gratis," katanya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments