Senin, 20 November 2017

Wagub Harap Kerjasama dengan SKK Migas Semakin Baik


Jumat, 10 Maret 2017 | 20:13:48 WIB


Pertemuan Wakil Gubernur Jambi dengan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel
Pertemuan Wakil Gubernur Jambi dengan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel / Istimewa

JAMBI– Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Fachrori Umar, mengharapkan kerjasama pemerintah daerah (pemda) dengan Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) lebih baik lagi.

Hal ini disampaikan Wagub saat menerim kunjungan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, di Ruang Rapat Sekda Provinsi Jambi Kantor Gubernur Jambi, Jum’at (10/3). Hadir juga perwakilan dari setiap KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) Wilayah Jambi.

Wagub mengapresiasi kunjungan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Jambi tersebut.

Wagub menyatakan, untuk CSR (Corporate Social Responsibilty) dari perusahaan-perusahaan telah dilaksanakan dengan baik. Tinggal merangkul masyarakat setempat lebih erat lagi dengan sosialisasi kerjasama yang lebih baik.

Wagub berharap perusahaan-perusahaan di SKK Migas merekrut putra putri daerah Jambi yang memiliki kemampuan dalam bidang migas. Jika ada yang memiliki kemampuan, kenapa merekrut orang dari luar Jambi.

“Kita harus menghilangkan kesan-kesan negatif yang selama ini berkembang terhadap putra putri daerah Jambi,” ujar Wagub.

Dijelaskan, Jambi dijepit oleh Riau dan Sumatera Selatan dalam hal migas. Semua pihak harus bersama membangun Jambi untuk lebih maju, dengan cara membangun dari pinggiran dan merangkul semua lapisan masyarakat agar bekerjasama mewujudkan itu semua.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Tirat Sambu Ichtijar menyampaikan, kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari Upacara Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) 9 Februari 2017, di Lapangan Pertamina EP Kenali Asam, serta mengenalkan SKK Migas lebih jauh.

Tirat mengatakan, mereka sengaja ingin menyapa Wagub untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan yang telah maupun akan dilaksanakan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel.

SKK Migas Perwakilan Sumbagsel memiliki 5 wilayah kerja yaitu Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung. Wilayah Jambi memiliki 14 KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) terdiri dari 9 KKKS Produksi dan 5 KKKS Eksplorasi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi kecuali Kerinci.

Untuk kegiatan eksplorasi di Jambi yang dilaksanakan tahun 2017, terkendala banjir karena curah hujan yang tinggi. Semua lokasi eksplorasi masih terendam banjir sehingga belum bisa dilaksanakan.

SKK Migas telah melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibilty) melalui pemberdayaan masyarakat guna merubah perilaku masyarakat untuk lebih baik lagi, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat secara bertahap.

Kegiatan yang dilaksanakan, seperti kerjasama dalam pembuatan pupuk organik, peternakan kambing dan pelayanan kesehatan. Pada 2016 Petrochina International Jabung Ltd mendapat CSR Award 2016 Achievement yang langsung diserahkan oleh Buapti Tanjung Jabung Barat.

Tirat mengatakan, dalam melaksanakan kegiatan operasional di lapangan terdapat gangguan keamanan seperti pencurian fasilitas migas (kabel, pipa, trafo, dll), klaim kepemilikan lahan oleh masyarakat, dan pencurian minyak bumi di jalur pipa-pipa gas. Namun, gangguan ini sudah mulai berkurang seiring dilakukannya patroli-patroli ke lokasi operasional.

Perwakilan Petrochina International Jabung Ltd, John Halim menyampaikan, tahun 2017 PetroChina masih melakukan eksplorasi untuk mencari tambahan cadangan minyak dan melakukan kegiatan mengebor sumur guna menambah cadangan minyak serta meningkatkan produktivitas.

Dalam kegiatan CSR, Petrochina melakukan kegiatan seperti menjadi sponsor untuk acara MTQ 2017 Jambi, mengadakan acara bersama anak yatim setiap bulan Ramadhan, dan memfasilitasi budidaya kopi liberika untuk menjadi kopi unggulan.


Penulis: Ist
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments