Jumat, 18 Agustus 2017

Muamalat Dipercaya Jadi Agen Sukuk Ritel


Kamis, 13 April 2017 | 13:11:37 WIB


Bank Muamalat
Bank Muamalat / Sharly Apriyanti

JAMBI-Bank Muamalat pada tahun ini kembali dipercaya oleh kementerian keuangan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR)  sebagai agen penjual sukuk negara ritel, yakni sukuk ritel (SR) -009 .

Rifyal, Branch Manager Muamalat Jambi, mengatakan bahwa sukuk ritel adalah surat berharga syariah yang mencerminkan bukti kepemilikan investor asal underlying aset yang disewakan.  Underlyng aset yang digunakan dalam sukuk ini adalah proyek dalam APBN dan barang milik negara, yang kemudian disewakan kepada pemerintah melalui akad ijarah asset to be leased.

"Imbalan yang diterima investor setiap bulan berasal dari pembayaran sewa dalam jumlah tetap namun dinayar secara berkala," ucapnya.
Menurut dia, nominal pembelian sukuk ritel ini minimal Rp5 juta perorang dan berlaku kelipatan dengan maksimal 5 miliar.  Besaran imbalam hasil yang didapat nasabah sebesar 6,9 persen pertahun dan akan mendapat imbalan tetap setiap tanggal 10 setiap bulan dimulai 10 April 2017 sampai 10 Maret 2020.

Imbalan ini merupakan hak investor atas keuntungan hasil investasi berupa besaran sewa atau hasil penyewaan aset SBSN. kemudian pada akhir periode investor pemegang sukuk ritel SR 009 akan mendapatkan pembayaran keseluruhan nilai nominal sukuk yang dimiliki.

"Kami telah membuka penjualan sukuk ritel 009 sejak 27 Februari 2017. Penjualan sukuk ritel sebelumnya, Bank Muamalat berhasil melebihi target yakni sebesar 105 persen,” terangnya.

Saat ini target sebesar Rp 700 miliar, sedangkan Bank Muamalat Cabang Jambi menargetkan penjualan Rp 10 miliar dan pihaknya pun sangat optimis dengan penjualan sukuk ritel ini.  Karena pada tahun sebelumnya sebagain besar nasabah Bank Muamalat sangat antusias.

Ada banyak keuntungan. Pada investasi sukuk ritel ini, diantaranya adalah aman karena dari pihak pemerintah menjamin penuh, sesuai syariah, mudah, imbalan yang kompetitif dan turut berpartisipasi membangun negeri.

Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments