Sabtu, 23 September 2017

Pasca Putusan MK, KPU Bakal Ajukan Jadwal Pelantikan Paslon Pemenang


Selasa, 04 April 2017 | 14:28:37 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

MUARATEBO - Pasca putusan MK RI yang menolak gugatan sengketa Pilkada Tebo yang diajukan pasangan Hamdi-Harmain sebagai pemohon, pada Senin pagi (3/4), KPUD Tebo langsung melanjutkan tahapan Pilkada.

Ketua KPUD Tebo, Basri menyebutkan, bahwa ada dua tahapan yang akan dilakukan pihaknya pasca keputusan MK keluar,
yakni menetapkan jadwal penetapan Paslon pemenang pada 5 April dan mengajukan jadwal pelantikan ke DPRD Tebo.

"Untuk jadwal pelantikan Paslon pemenang, nanti KPUD terlebih dahulu mengajukan permohonan ke DPRD Tebo dan selanjutnya DPRD melanjutkan ke Mendagri,” ujar Basri, Senin (3/4).

Saat ditanya kapan waktu pelantikan Paslon pemenang yakni Suka-Syahlan sesuai yang diajukan ke DPRD Tebo, Basri enggan menjawabnya.
Ia hanya menyatakan bahwa jadwal pelantikan tersebut tidak terbatas dan disesuaikan dengan Mendagri. “Jadwal pelantikan belum tahu kapan, yang jelas KPU menetapkan Paslon pemenang dan satu hari kemudian mengajukan jadwal pelantikan ke DPRD,” tukas Basri.

Terkait adanya informasi dari pihak pemohon (Hamdi-Harmain_red) yang keberatan dengan putusan MK, Basri mengatakan bahwa itu hak pemohon.

Basri menyebutkan, bahwa MK adalah keputusan tertinggi dan dengan adanya keputusan MK tersebut, maka KPUD Tebo kembali melanjutkan tahapan paska pemilihan.

Sementara itu, Ketua media center Hamdi-Harmain, Ansori Hasan dikonfirmasi sikapnya paska putusan MK mengatakan, bahwa saat ini pihaknya akan melakukan konsolidasi dulu dan sementara ini belum ada langkah menyikapi putusan MK tersebut.

"Secara pribadi, saya menerima keputusan MK dan mari sama-sama kita menghormati keputusan MK terkait sengketa Pilkada Tebo,” katanya.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments