Senin, 21 Agustus 2017

SDN 131 Kekurangan Ruang Kelas dan Perpustakaan


Senin, 17 April 2017 | 11:00:03 WIB


SDN 131/IV Kota Jambi
SDN 131/IV Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 131/ IV Kota Jambi saat ini kekurangan dua ruang kelas. Agar tidak berdampak pada terganggunya aktifitas belajar mengajar, pihak sekolah mengambil solusi dengan melakukan pembelajaran gantian dengan kelas lainnya.

"Jumlah siswa kita 350 orang dibagi menjadi 12 rombongan belajar (Rombel). Sementara jumlah ruang kelas belajar hanya ada 10. Untuk mengantisipasi kekurangan, siswa kelas II memulai KBM setelah kelas I usai," ujar Kepala Sekolah SDN 131/ IV Kota Jambi, Hj Junaida AR, Sabtu (13/4).

Pihaknya sempat mengajukan penambahan ruang belajar, dan pihak dinas menyatakan, sarana dan prasarana sekolahnya telah terdata dan tak perlu lagi dilaporkan, namun hingga saat ini belum ada realisasi.

Dirinya sama sekali tidak tahu kenapa sekolahnya belum mendapatkan penambahan ruang belajar. “Saya tidak tahu persis apa masalanya. Karena ketika kita sampaikan, kata mereka (dinas, red) data kekurangan sekolah kita terdata,” katanya.

Ia menyadari, bahwa SDN 131 tidak dapat lagi dikembangkan di sudut manapun. Permasalahan yang dihadapi yakni lahan yang sudah habis. “Karena lahannya tak ada lagi yang kosong untuk pembangunan, pengembangannya ya ke atas,” ujarnya.

Selain itu, sekolah ini juga tidak memiliki ruangan khusus untuk perpustakaan, sehingga sekolah memanfaatkan ruang sudut di masing- masing kelas untuk dijadikan perpustakaan

"Karena ruang perpustakaannya jadi ruang multifungsi. Ada ruang para guru, dapur, dan gudang penyimpanan alat- alat drumband siswa yang ditata semaksimal mungkin," jelasnya.

Bukan hanya itu saja permasalah yang dihadapi, siswa Kelas IV yang saat ini memiliki 2 Rombel juga kondisi kelasnya hanya disekat papan dan pihaknya memanfaatkan sebagai aula sekolah.

"Kalau ada kegiatan sekolah papannya kita copot satu persatu, dan kalau belajar kita pasang lagi untuk Kelas IV A dan IV B yang kadang terganggu dengan suara berisik kelas di sebelahnya. Kita pengennya diganti dinding geser besi yang bisa dibuka tutup," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments