Rabu, 24 Mei 2017

Warga Blokir Jalan Menuju Pertamina, Fasha Langsung Turun Tangan


Senin, 17 April 2017 | 23:26:35 WIB


Walikota Jambi Sy Fasha saat ikut memediasi warga yang melakukan pemblokiran jalan menuju Pertamina Jambi
Walikota Jambi Sy Fasha saat ikut memediasi warga yang melakukan pemblokiran jalan menuju Pertamina Jambi / Amril Hidayat

JAMBI – Sejumlah warga dari enam RT di kawasan Kenali Asam Atas dan Kenali Asam Bawah Kota Jambi melakukan aksi pemblokiran jalan. Aksi ini dilakukan lantaran mereka kesal, akses jalan utama mereka rusak parah akibat kendaraan pertamina yang melintas.

Akibatnya, mereka menuntut pihak PT Pertamina EP agar memperbaiki akses jalan yang ada di kawasan tersebut. Terlebih, di musim hujan ini, jalan tersebut semakin becek dan sulit untuk dilintasi.

Pantauan di lapangan, jalan menuju ke Pertamina tersebut ditutup oleh warga dengan membuat dua buah portal dari kayu dan pepohonan. Akibatnya, kendaraan tidak bisa masuk maupun ke luar.

Suprayitno, Ketua Forum RT di kawasan itu mengatakan, warga meminta agar Pertamina memperbaiki akses jalan tersebut. Sebab, banyak warga yang terganggu dengan kerusakan jalan ini. "Kami menuntut Pertamina untuk memperbaiki jalan ini. Kalau Pertamina tidak sanggup, lebih baik di serahkan ke Pemkot saja," bebernya.

Hal yang sama juga diungkapkan Fikri, Ketua RT 43. Ia mengatakan, warga meminta Pertamina membangun jalan ringgit beton. Ini karena, mobil yang masuk ke kawasan tersebut memiliki tonase yang sangat besar.

"Kita minta Pertamina membangun jalan ini dengan ringgit beton, tidak di aspal lagi. Karena kalau di aspal percuma saja, satu tahun paling rusak lagi,” ujarnya.

Warga, kata Fikri, sebenarnya sangat kesal dengan Pertamina. Sebab, warga sudah sejak lama meminta lampu penerangan jalan saja, namun tidak tidak digubris oleh Pertamina.


Ungkapan kekesalan juga disampaikan Yuliana, salah seorang warga RT 1. Ia menyebut, jalan tersebut sudah sejak lama tidak pernah diperbaiki.

"Sejak sayo kecik tinggal di sini sampailah tuo sekarang ni, belum pernah jalan ni diperbaiki. Jalan di tempat lain sudah banyak yang bagus-bagus, Kito di sini jalannyo buruk nian ," bebernya.

Mendengar warganya demonstrasi, Walikota Jambi, Sy Fasha langsung turun tangan. Ia menyambangi warga yang tengah melakukan aksi demo tersebut.

Fasha bahkan mendatangi dan meminta langsung pertanggungjawaban Pertamina. Fasha langsung mendatangi Pertamina dan berdialog langsung dengan jajaran Pertamina dan juga didampingi oleh perwakilan warga. Namun sayang, Pimpinan maupun General Manager Pertamina sedang tidak berada di tempat.

Menurut Fasha, saat ini jalan yang rusak merupakan aset milik Pertamina, sehingga menjadi tanggung jawab Pertamina untuk memperbaiki jalan tersebut. ditambahkannya, Pemerintah Kota Jambi tidak memiliki wewenang untuk memperbaiki jalan tersebut. Kecuali, jika jalan tersebut diserahkan ke Pemerintah Kota untuk dikelola.

"Saya memberikan waktu satu minggu kepada pihak Pertamina untuk memutuskan apakah jalan tersebut akan di serahkan ke pemkot atau tidak. Jika diserahkan ke kita, maka akan kita perbaiki jalannya namun jika sudah diperbaiki harus ikut aturan kita," ujarnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments