Rabu, 20 September 2017

Ganti Pipa, PDAM Siapkan Anggaran Rp 20 Miliar


Selasa, 18 April 2017 | 11:34:48 WIB


H Bakri saat meninjau pipa instalasi milik PDAM Tirta Mayang Kota Jambi
H Bakri saat meninjau pipa instalasi milik PDAM Tirta Mayang Kota Jambi / dok/metrojambi.com

JAMBI - Banyaknya pipa yang sudah usang atau tua membuat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mayang Kota Jambi harus melakukan pergantian dengan yang baru. Hal ini agar distribusi air tidak terkendala dan kualitas air juga menjadi lebih bersih.

Dirut PDAM Tirta Mayang Erwin mengatakan, pipa pecah atau bocor masih sering menjadi penyebab terganggunya distribusi air ke rumah-rumah penduduk. Karena itu, tahun 2017 ini pihaknya akan mengganti pipa-pipa yang berada di wilayah barat, timur, dan selatan.

Selain melakukan pergantian, Erwin mengatakan pihaknya juga akan melakukan pemasangan baru. "Total mungkin sekitar Rp 20 miliar tahun ini," kata Erwin.

Menurut Erwin, panjang pipa yang akan dilakukan pergantian dan pemasangan baru sekitar 5-8 ribu meter. Pipa ini memiliki diameter yang berbeda, ada pipa induk, pipa sedang dan pipa kecil.

Ditambahkannya, pipa yang sudah tua itu memang tidak kuat lagi jika dipaksanakan untuk digunakan. Sebab, kadang pipa tidak mempu menahan tekanan yang kuat sehingga sering pecah. "Dan itu harus kami rehabilitasi serta dilakukan pergantian secara bertahap," ujarnya.

Lebih lanjut Erwin mengatakan, pihaknya terus melakukan perawatan untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya kerusakan pipa lagi. "Upaya tersebut juga bertujuan untuk kelancaran distribusi air di masa mendatang," pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments