Jumat, 15 Desember 2017

US dan USBN, 5 Siswa dari Dua SMP Absen


Rabu, 19 April 2017 | 10:53:05 WIB


Suasana ujian sekolah dan ujian sekolah bertaraf nasional di SMPN 16 Kota Jambi
Suasana ujian sekolah dan ujian sekolah bertaraf nasional di SMPN 16 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) tingkat SMP telah dimulai sejak Senin (17/4). Pelaksanaan akan berlangsung selama 7 hari hingga 22 April mendatang.

Di hari pertama pelaksanaannya, sejumlah siswa sudah absen. Di dua sekolah saja, tercatat ada lima siswa yang tak ikut US dan USBN ini.
Penyebabnya, para siswa itu sebagian sudah mengundurkan diri dari sekolah. Sebagian lagi berhalangan hadir saat ujian berlangsung.

Di SMPN 8 Kota Jambi, dari 252 siswa Kelas IX yang seharusnya mengikuti ujian, 3 siswa absen karena mengundurkan diri sebelum pelaksanaan ujian berlangsung.

Kepala SMPN 8 Kota Jambi, Germi Lasmawarni, membenarkan hal ini. Ia menyebut, siswa yang mengundurkan diri itu tidak pernah hadir mengikuti kegiatan belajar mengajar dan mengundurkan diri tanpa keterangan.

"Mereka mengundurkan diri tidak pakai keterangan dan pihak sekolah telah menelusuri ke rumah tiga siswa tersebut, ternyata mereka ikut orangtuanya di luar Jambi," ujar Germi, Selasa (18/4).

Namun, kata dia, ketiga siswa ini masih terdaftar sebagai peserta ujian. Karena itu, nantinya akan dilihat kebijakan sekolah apakah masih bisa mengikuti ujian susulan atau tidak.

Selain itu, pihak sekolah juga akan mempersiapkan siswa tersebut dengan program pendidikan paket B, sehingga sekolah tetap mempunyai tanggung jawab pendidikan terhadap siswanya.

"Kalau kondisinya siswa ini jelang pelaksanaan USBN datang ke sekolah dan ingin mengikuti ujian, kita akan koordinasikan dengan dinas pendidikan, apakah bisa mengikuti ujian atau paket B," sebutnya.

Soal pelaksanaan ujian, kata dia, sejauh ini berlangsung lancar. Namun pelaksanaanya tetap akan dievaluasi. "Alhamdulillah lancar pelaksanaan US dan USBN-nya, dan posisi duduk siswa sudah sesuai UNKP Mei mendatang," paparnya.

Selain itu, sekolah juga nantinya akan memberikan pembekalan kepada siswa-siswinya, sehingga persiapan menghadapi UNKP lebih matang. "Kita akan matangkan persiapan UNKP, sehingga siswa lebih siap dalam menghadapinya," jelasnya.

Sementara, di SMPN 16 Kota Jambi terpantau hal yang sama. Sejumlah siswa tampak tak mengikuti USBN. Kondisi ini dibenarkan Kepala SMPN 16 Kota Jambi, Tampubolon.

Ia mengatakan, dari 339 siswa Kelas IX yang melaksanakan US dan USBN, dua orang tak hadir. “Salah satunya mengundurkan diri, dan orang tua siswanya sudah melayangkan surat pengunduran dirinya,” ujarnya.

Sementara siswa yang absen lainnya, dikarenakan berhalangan hadir dan telah memberikan surat keterangan tidak bisa mengikuti ujian.

"Kalau yang satu ini, hari pertama memasukkan surat ke sekolah karena ada urusan keluarga," paparnya.

Terkait siswa yang berhalangan hadir, pihaknya akan memberikan waktu untuk melaksanakan ujian susulan. "Kita akan berikan ujian susulan terhadap anak tersebut sehingga tidak mengganggu pelaksanaan UNKP Mei mendatang," katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan US dan USBN dilaksanakan serentak untuk mengoptimalkan waktu. "Biar siswa Kelas VII dan VIII tidak kelamaan liburnya, makanya US dan USBN dilaksanakan serentak," paparnya."Kalau untuk jumlah siswa yang mengikuti ujian sebanyak 339 orang yang dibagi sebanyak 17 kelas dan setiap kelasnya diisi 20 siswa," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments