Rabu, 24 Mei 2017

PJ Bupati Muarojambi Hadiri Acara OJK

Muarojambi Dorong Pembangunan UMKM

Rabu, 19 April 2017 | 14:42:25 WIB


DORONG UMKM : Pj Bupati Muarojambi, Kailani yang tampak menghadiri acara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di kawasan percandian Muarojambi kemarin.
DORONG UMKM : Pj Bupati Muarojambi, Kailani yang tampak menghadiri acara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di kawasan percandian Muarojambi kemarin. / Sudir Putra

SENGETI- Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) menggelar acara sinergi aksi untuk ekonomi rakyat dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah dan kemasyarakatan. Kegiatan ini dilakukan di desa wisata di sekitar candi Muarojambi, kemarin.

Acara dengan tema membangun masyarakat Desa wisata untuk Muarojambi TUNTAS 2021 ini, juga untuk mendorong dan meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kemasyarakatan di Kabupaten Muarojambi.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh, Pj Bupati Muarojambi Kailani, Gubernur Jambi Zumi Zola, Kadis Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Muarojambi Indra Gunawan, Komisi II DPR RI, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Komisioner OJK RI, unsur Forkopimda Provinsi dan unsur Forkopimda Kabupaten Muarojambi.

Dalam sambutannya, Kailani mengatakan, acara ini bertujuan untuk memperkuat pelaku ekonomi, UMKM di Kabupaten Muarojambi, khususnya masyarakat di sekitar candi Muarojambi.

"Dengan kegiatan ini, menjadi harapan sebagai pendorong perekonomian masyarakat di Kabupaten Muarojambi,” ungkap Kailani.

Kailani mengatakan, tercatat jumlah UMKM di Muarojambi sebanyak 2.116, dengan jumlah koperasi terbesar di Indonesia yang tercatat berjumlah 369 koperasi aktif. “Dalam  menjalankan simpan pinjam yang debiturnya adalah masyarakat pelaku UMKM,” jelasnya.

Kemudian Pemkab Muarojambi pada 2016 lalu juga memberikan hak sertifikat tanah sebanyak 200 komersil untuk koperasi UMKM. Selain itu juga Pemkab Muarojambi mengusulkan kepada kementerian Pariwisata meminta pembangunan gerai tempat kerajinan, toilet dan musolla di kawasan percandian Muarojambi.

“Alhamdulillah pada 2017 ini pemerintah pusat bisa mencairkan sebesar Rp.1,5 milyar rupiah," terangnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Zumi Zola dalam sambutannya, mengatakan, acara ini adalah solusi untuk menjawab permaslahan masyarakat Jambi yang membutuhkan modal usaha, karena di Provinsi Jambi sudah ada OJK yang bekerjasama dengan keuangan perbankan.
"Untuk meningkatkan pendapatan para pedagang usaha kecil untuk mensejahterakan kehidupannya," kata Zumi Zola.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments