Selasa, 24 Oktober 2017

Dewan Minta Tingkatkan Pembinaan Koperasi


Rabu, 19 April 2017 | 14:48:40 WIB


Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi Sutiyono
Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi Sutiyono / Amril Hidayat

JAMBI - Sebagian besar koperasi yang ada di Kota Jambi hanya bergerak di bidang simpan pinjam. Hal ini menjadi perhatian serius anggota DPRD Kota Jambi.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi Sutiyono mengatakan, pihaknya meminta SKPD terkait untuk terus fokus melakukan pembinaan koperasi yang ada di Kota Jambi. Ia meminta koperasi jangan hanya merupakan unit simpan pinjam tanpa ada usaha lain.

“Jadi perlu pembinaan dari Dinas Koperasi. Kan perlu ada inovasi bagaimana koperasi menjadi usaha yang berkembang, jangan cuma simpan pinjam saja,” kata Sutiyono, Rabu (19/4).

Menurutnya, koperasi merupakan tulang punggung perekonomian. Maka dari itu, sudah saatnya pemerintah melalui SKPD terkait benar-benar melakukan pembinaan terhadap koperasi.

Saat ini, kata Sutiyono, koperasi yang ada di Kota Jambi antara hidup dan mati, bahkan banyak yang nyaris mati. Padahal, seharusnya koperasi bisa menjadi wadah bagi masyarakat atau anggotanya untuk meningkatkan taraf ekonomi.

Disampaikannya, bila perkoperasi di Kota Jambi dapat dimaksimalkan, bisa dipastikan akan memberikan manfaat bagi perekonomian Kota Jambi. “Sudah pasti bisa mengurangi angka kemiskinan,” imbuhnya.

Sutiyono mengharapkan, SKPD terkait dalam hal ini Dinas Koperasi, bisa turun langsung melakukan pemantauan terhadap koperasi yang ada di Kota Jambi, dengan melakukan pendataan.

Pendataan mana saja koperasi yang masih aktif dan yang tidak aktif lagi. Dia juga meminta, adanya bantuan untuk koperasi itu. “Ya bukan hanya bantuan pelatihan, berikan bantuan modal supaya koperasi bisa bekembang,” sebutnya.

Namun yang jelas, koperasi yang dibantu permodalan harus benar-benar koperasi yang aktif sehingga bisa berkembang. Sutiyono juga mengatakan, sebagai anggota dewan pihaknya juga siap membantu pemerintah dalam hal kebijakan pemerintah terkait pengembangan koperasi di Kota Jambi.

Bahkan, akan banyak tumbuh kembang koperasi di Kota Jambi yang bisa menjadi koperasi yang besar dan bisa bersaing dengan usaha swasta lainnya. “Kalau perlu koperasi bisa menjadi usaha yang besar mengalahkan swasta,” pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments