Selasa, 24 Oktober 2017

44 Peserta Ikuti Uji Wawancara


Kamis, 20 April 2017 | 11:30:46 WIB


Sekda Merangin H Sibawaihi saat mewawancarai salah seorang peserta
Sekda Merangin H Sibawaihi saat mewawancarai salah seorang peserta / Riki Saputra

BANGKO – Puluhan pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Merangin, kemarin (19/4) memasuki tahapan seleksi wawancara untuk merebut 10 posisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru.

Pada tes akhir jabatan tinggi pratama tersebut, para peserta memaparkan hal-hal yang menjadi tupoksi yang sudah dituangkan dikarya tulis. Artinya para peserta prosentase dihadapan tim penguji Jabatan Tinggi Pratama (JTP) Merangin.

‘’Kandidat calon pejabat tinggi pratama memprosentase serta mengangkat apa yang menjadi Tupoksi mereka yang dituangkan dalam karya tulis, kemudian disampaikan ke tim penguji panitia seleksi JTP,” ujar Sekretaris Pansel JTP Merangin, H Sibawaihi, Rabu (19/4).

Sesuai agenda, lanjut Sekda Merangin itu, tes wawancara akan berakhir Kamis (20/4). Diketahui ada 44 peserta seleksi JTP yang masuk dalam nominasi lulus persyaratan awal sampai tahap wawancara.

Untuk jabatan staf ahli ada empat peserta, Dinas Pemadam Kebakaran enam peserta. Selanjutnya, Dinas Komunikasi dan Informatika empat peserta, Dinas Perhubungan lima peserta.

Slain itu Dinas PMD ada lima peserta. Kemudian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tiga peserta, Satpol PP lima peserta, Dinas Ketahanan Pangan empat peserta, Dinas Perikanan empat peserta dan Bappeda sebanyak empat peserta.

Khusus untuk Tim Penguji lanjut Sekda, ada lima penguji baik dari internal Pemerintah Kabupaten Merangin serta eksternal. Dari internal ada dua penguji, Sekda yang juga sebagai Sekretaris Pansel JTP dan Kepala BKPSDM Daerah sebagai anggota.

Selanjutnya dari eksternal, tim penguji terdiri dari Guru Besar Hukum Administrasi Negara Program Pasca Sarjana Hukum Universitas Jambi sebagai ketua, selanjutnya Karo Pemerintahan Provinsi Jambi dan dari IPDN Kemendagri.

“Tim akan memberikan penilaian terhadap empat peserta pada satu jabatan, usai mengetahui rekam jejak, Pansel akan merekomendasikan 3 peserta, selanjutnya diserahkan ke Bupati,” jelas Sekda.

Sebelum hasil tersebut diserahkan ke Bupati Merangin terang Sekda, tim Pansel terlebih dahulu melakukan rapat internal. Di sini tim akan mengetahui secara pasti dimana kekurangannya. Pansel tetap berkerja secara professional.

Kemudian, tiga nama tersebut akan diserahkan ke Bupati Merangin. Bupati akan memilih para pejabat yang tepat dan layak berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan.

“Untuk proses final, Pak Bupati akan menyampaikan ke Kemendagri untuk meminta persetujuan dilantik. Untuk hasil final wawancara besok diperkirakan rampung,” katanya.


Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments