Rabu, 20 September 2017

Jambi Bisa Terbitkan Obligasi


Kamis, 20 April 2017 | 13:47:51 WIB


Foto bersama saat peresmian gedung OJK
Foto bersama saat peresmian gedung OJK / Sharly Apriyanti

JAMBI – Obligasi menjadi salah satu solusi bagi pemerintah untuk menambah dana pembangunan di Provinsi Jambi, seperti halnya yang dilakukan Jawa Barat.

Gubernur Jambi Zumi Zola mangatakan, wacana tersebut bisa dipertimbangkan. Dan pihaknya menyerahkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Obligasi daerah bisa pertimbangkan, serahkan kepada OJK memungkinkan tidak dilakukan di Jambi,” ujar usai peresmian kantor baru OJK Jambi.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmad Waluyanto mengatakan, OJK selalu mendorong Pemda khususnya Jambi untuk bisa meningkatkan kemandirian dalam hal meningkatkan pembiayaan pembangunan ekonomi di daerah melalui proyek-proyek infrasruktur.

Salah satunya menggunakan obligasi daerah untuk membangun proyek produktif yang menghasilkan pendapatan. Selanjutnya akan digunakan untuk membayar hutang yang sudah diperoleh dari investor.

“Banyak hal yang perlu disiapkan terutama terkait kapasitas itu bisa mengelola keuangan dengan lebih baik. Saya yakin Pemprov Jambi berupaya untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan daerah, memperbaiki infrastruktur pemerintah termasuk proyek pembangunan ekonomi di daerah akan berjalan dengan lancar,” katanya.

Ia mengatakan, obligasi daerah bisa dilakukan jika adanya proyek yang visible dan layak secara ekonomis maupun teknis. Sehingga  bisa dibiayai obligasi daerah. Ini memerlukan proses yang cukup panjang dan kerjasama antara Pemda, OJK dan DPR.

Sementara, Darwisman Kepala OJK Jambi mengatakan, obligasi bisa dilakukan pada hakikatnya apabila program pembangunan sangat visible dan layak, seperti pelabuhan, bandara, pasar atau memang memberikan income re-venue yang baik untuk daerah.

“Saya pikir itu layak jika ada program pembangunan yang visible dan mendatangkan income. Ada Pemprov Jabar mencoba obligasi daerah, kalau sukses tidak menutup kemungkinan Jambi pun bisa dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur,” ungkapnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments