Minggu, 22 Oktober 2017

Hadapi Pemilu Mendatang, KPU Gelar Koordinasi Sejumlah Instansi


Kamis, 20 April 2017 | 14:21:04 WIB


Rapat koordinasi KPUD Bungo
Rapat koordinasi KPUD Bungo / Ahmad Pudaili

MUARA BUNGO - Guna meningkatkan kualitas pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) nanti, KPUD Bungo, menggelar rapat kordinasi dengan sejumlah instansi dan lembaga terkait, Rabu (19/4) sekitar pukul 10.00 WIB.

Instansi yang ikut kordinasi adalah Dukcapil yang dihadiri Kadis Dukcapil langsung, pihak Kesbang Linmas, dan Kabag Pemerintahan.

Rapat tersebut membahas mengenai mata pilih berkelanjutan dan pemetaan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk persiapan pemilu legislatif dan pemilu presiden.

"Kita minta data yang meninggal, yang masuk dan yang keluar. Bagi yang belum terdata, maka diminta kepada masyarakat untuk melapor kepada Rio (Kades). Sehingga nanti Rio langsung melaporkan ke Dukcapil," ujar Dailami, Ketua KPUD Bungo.

Pihak Dukcapil Bungo sendiri menyambut baik berkenaan permintaan data penduduk yang sudah divalidasi, baik DAK 2 sebagai acuan Dapil dan jumlah kursi serta data mutasi penduduk.

Komisioner KPUD Bungo, Muhammad Bisri menyebutkan terkait adanya wacana penambahan Dapil, pihaknya mau melihat dulu penambahan penduduk.

"Kita lihat dulu jumlah penduduk, apakah bisa bertambah kursi di DPRD nantinya. Karena kalau jumlah penduduk di Bungo diatas 400 ribu, maka bertambah 5 kursi DPRD yang sekarang. Kita lihat dulu jumlah DAK 2 saat penyusunan Dapil Desember 2017 mendatang," sebut Bisri.

Pihaknya juga memunggu hasil RUU penyelenggara pemilu yang lagi dalam proses pembahasan oleh Pansus DPR RI. "Mengenai jumlah minimal serta jumlah maksimal kursi  per Dapil, maka kita juga menunggu hasil RUU tentang penyelenggaraan pemilu yang saat ini dalam pembahasan oleh pansus di DPR RI," pungkasnya.


Penulis: Ahmad Pudaili
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments